Headlines News :
Home » » Tingkatkan Nilai UASBN, Dispendik Leces Berikan Bimbel

Tingkatkan Nilai UASBN, Dispendik Leces Berikan Bimbel

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 02 Februari 2017
LECES – Tahun ini, Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Leces bertekad untuk meningkatkan capaian nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD sebesar 8% atau 65,00 dari tahun pelajaran 2015/2016 yang mencapai 60,85. Dimana nilai tahun lalu itu merupakan nilai rata-rata yang diraih 828 orang siswa dari 33 lembaga SD negeri dan swasta di Kecamatan Leces.

“Menaikkan nilai grade rata-rata UASBN tidak hanya personal saja, tetapi juga tingkat Kecamatan Leces. Peserta UASBN tahun ini mencapai 811 orang siswa dari 33 lembaga SD negeri dan swasta,” kata Kepala Cabang Dispendik Kecamatan Leces Massajo.

Demi mewujudkan target tersebut, Cabang Dispendik Kecamatan Leces akan mengadakan bimbingan belajar (bimbel) untuk siswa kelas 6. Bimbel ini nantinya akan diikuti oleh 66 orang siswa dari 33 lembaga SD.

“Masing-masing SD akan diambil 2 (dua) siswa paling berprestasi. Meskipun demikian, kami tidak meninggalkan siswa yang lain. Karena nantinya di masing-masing lembaga juga akan diadakan bimbel dan try out berkelanjutan agar mereka siap mengikuti UASBN,” jelasnya.

Bimbel yang diadakan berkat kerja sama antara Cabang Dispendik Leces dengan Kepala Sekolah, K3S, Pengawas SD dan PGRI ini akan dilaksanakan di 3 (tiga) titik. Yakni,  SDN Jorongan I, SDN Sumberkedawung V dan SDN Malasan Kulon II.

“Peserta bimbel akan dibimbing penuh oleh 12 guru pendamping mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Guru pendamping ini akan bertugas sesuai dengan kualifikasi kompetensi yang dimilikinya. Bimbel ini gratis tidak dipungut biaya,” terangnya.

Menurut Massajo, bimbel ini bertujuan untuk memastikan peserta didik sudah dapat mencapai standar kompetensi kelulusan dalam rangka meningkatkan capaian rangking secara rata-rata di tingkat Kabupaten Probolinggo. Bimbel sendiri akan dilaksanakan setiap hari Senin hingga menjelang UASBN bulan April mendatang.

“Dengan bimbel ini setidaknya anak-anak lebih fokus menghadapi UASBN. Karena dengan bimbel maka anak sudah akan terbiasa mengerjakan soal sehingga tidak grogi saat ujian. Meskipun nilai UASBN ini bukan untuk menentukan kelulusan,” tegasnya.

Massajo menambahkan bahwa pihaknya sifatnya hanya mengkoordinir saja bagaimana semua lembaga mempunyai persepsi dan dorongan yang sama untuk sukses UASBN tahun pelajaran 2016/2017 mendatang.

“Mudah-mudahan dengan bimbel ini anak didik bisa siap menghapi UASBN dan mampu meningkatkan prestasi akademiknya sehingga bisa masuk ke sekolah favoritnya. Namun demikian, peran orang tua sangat diharapkan dalam membangun suasana kondusif agar anaknya bisa belajar dengan baik,” pungkasnya. (wan/why)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger