Headlines News :
Home » , » Pemegang IUMK Dapatkan Prioritas Pelayanan

Pemegang IUMK Dapatkan Prioritas Pelayanan

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 16/02/2017

KRAKSAAN – Para pemegang Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) mendapatkan prioritas pelayanan dalam memperoleh pembinaan, pemasaran, peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) dan akses permodalan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Bambang Supriadi. “Bagi pemegang IUMK tentunya akan mendapatkan prioritas layanan. Salah satunya, akses permodalan,” katanya.

Menurut Bambang, penerbitan IUMK ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Pemberdayaan UMKM, Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perijinan untuk UMK, Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian IUMK serta Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 68 tahun 2015 tentang perubahan Perbup Nomor 30 Tahun 2015 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang kepada Camat.

“Pengajuan IUMK ini dilakukan melalui dua jalan, langsung ke kecamatan dan melalui tenaga pendamping. Jika berkasnya sudah lengkap maka camat akan menerbitkan IUMK dalam waktu 24 jam tanpa dipungut biaya alias gratis dan berlaku selama 3 tahun,” jelasnya. 

Bambang menegaskan, IUMK ini memuat tentang identitas PUMK, bentuk badan usaha, jenis produk usaha dan lokasi usaha. IUMK ini diterbitkan camat di mana lokasi usaha itu berada, kecuali usaha yang sifatnya mobile, maka IUMK diterbitkan camat di mana tempat tingkat dari PUMK.

“Kami berharap seluruh PUMK segera memiliki IUMK dengan harapan memudahkan pola pembinaan oleh pemerintah. Dengan demikian pemerintah dapat membuat skala prioritas pembinaan kepada PUMK. Di samping juga bisa mendapatkan daya yang valid terkait UMK,” pungkasnya. (wan/why)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger