Headlines News :
Home » , » Minimalisir Kendala KBM, Kuatkan Implementasi K13

Minimalisir Kendala KBM, Kuatkan Implementasi K13

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 12/02/2017

LUMBANG – Sebagai upaya agar pelaksanaan penilaian tengah semester genap dan penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2016/2017 berjalan dengan lancar sesuai dengan petunjuk penilaian yang terbaru, Induk Cluster K13 SDN Pabean mengadakan kegiatan penguatan implementasi Kurikulum 2013 (K13) di SDN Lumbang 1 Kecamatan Lumbang, Sabtu (11/2/2017).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Lumbang Rochim, instruktur Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya dan Pengawas SD Kecamatan Lumbang ini menghadirkan narasumber Ketua Paguyuban Sekolah Implementasi K.13 Kabupaten Probolinggo Maini Yudiningsih dan Pengawas SD Kecamatan Maron Mustofa.

Penguatan Implementasi Kurikulum 2013 di SD Imbas Cluster SDN Pabean Kecamatan Dringu ini diikuti oleh kepala sekolah, guru kelas 1 dan kelas 4, guru PJOK, guru Pendidikan Agama Islam dan BP dari 8 (delapan) SD Imbas.

Ke-8 SD Imbas Cluster SDN Pabean tersebut diantaranya, SDN Lumbang 1, SDN Lumbang 2 dan SDN Lambangkuning Kecamatan Lumbang, SDN Kedawung 2 dan SDN Jatisari 1 Kecamatan Kuripan, SDN Sumberkedawung 1 Kecamatan Leces serta SDN Patokan 1 dan SDN Patokan 2 Kecamatan Bantaran Bantaran.

Selain dari 8 SD Imbas Cluster SDN Pabean Kecamatan Dringu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 11 orang kepala sekolah dari 11 SD Induk Cluster Kabupaten Probolinggo. Materi yang diberikan meliputi sosialisai penilaian sesuai juknis  (panduan) yang baru, penyusunan kisi-kisi soal yang standar, penyusunan soal sesuai dengan kaidah yang benar serta testimoni bahan ajar matematika kelas 4.

Maini Yudiningsih mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memininalisir kendala yang terjadi saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), khususnya di kelas 1 dan 4. Mengingat buku guru dan buku siswa belum dikirim oleh penyedia, karena proses pemesanan baru bisa dilakukan pada minggu ke-4 Januari 2017 dan saat ini masih proses pengiriman.

“Melalui kegiatan ini harapan kami agar semua lembaga di Kabupaten Probolinggo, khususnya di SD Induk Cluster Pabean dan imbasnya dapat mengimplementasikan K13 dengan lancar tanpa ada kendala,” harapnya.

Meskipun buku belum ada jelas Maini, solusinya adalah hanya dibekali softcopy buku guru dan buku siswa. “Kata kuncinya, tidak ada kata sulit jika kita mau belajar dan berusaha. Tetap semangat bersama Kurikulum 2013,” pungkasnya. (wan/fie)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger