Headlines News :
Home » » Hortikultura Penopang Ekonomi Rakyat

Hortikultura Penopang Ekonomi Rakyat

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 05 Februari 2017
DRINGU – Setidaknya ada beberapa komoditi yang menjadi penopang ekonomi rakyat Kabupaten Probolinggo, diantaranya kentang, bawang prei, kubis, cabai rawit dan cabe merah.

Untuk tiga komiditi pertama, banyak diusahakan oleh warga di daerah dataran tinggi. Yakni, Kecamatan Sukapura, Lumbang, Sumber, Tiris dan Krucil. Sementara untuk cabai rawit dan cabai merah cukup merata sebarannya.

Dalam semusim, Kabupaten Probolinggo mampu menghasilkan kentang sebanyak 402.939 ton dari luas tanam 5.723 ha. Bawang prei (daun) dapat dihasilkan 142.132 ton dari lahan seluas 2.834 ha. Untuk kubis, luas lahan yang ditanami mencapai 2.156 ha dengan hasil panen mencapai 178.934 ton.

Sementara untuk cabai rawit, Kabupaten Probolinggo mampu menghasilkan sebanyak 13.813 ton dari luas area tanam 1.224 ha. Sedangkan untuk cabai merah, dari luas tanam 64 hektar dapat dipanen sebanyak 15.813 ton.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan, untuk meningkatkan potensi produk hortikultura, pihaknya selalu melakukan pendampingan kepada petani. Baik berupa SL-GAP (Sekolah Lapang Good Agriculture Practice) maupun Sekolah Lapang-Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).

“Tujuannya jelas, yakni meningkatkan kapasitas produksi maupun kualitas dari produk pertanian yang dihasilkan oleh petani kita. Sehingga mampu bersaing dengan produk dari daerah lain di pasaran, baik lokal mapun nasional dan luar negeri,” katanya. (wan/why)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger