Headlines News :
Home » » Disporaparbud Gelar ToT Paskibraka

Disporaparbud Gelar ToT Paskibraka

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 04 Februari 2017
DRINGU – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo menggelar Training of Trainer (ToT) Paskibraka, Jum’at dan Sabtu (3-4/2/2017). Kegiatan ini merupakan bagian dalam rangkaian pembinaan pemuda bidang kepaskibrakaan.

ToT Paskibraka ini diikuti oleh 63 orang yang merupakan pelatih dan pembina Paskibraka dari 53 lembaga sekolah tingkat SMA/SMK/MA negeri/swata se-Kabupaten Probolinggo. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi dari instruktur Serma Suhara dari Kodim 0820 Probolinggo dan Aiptu Mudheri dari Polres Probolinggo.

Kasi Kepemudaan dan Kepramukaan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Muksin mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai upaya membentuk satu persepsi tentang pembinaan kepaskibrakaan. “Serta meningkatkan kompetensi pelatih paskibraka di sekolah setingkat SLTA,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento mengatakan keberadaan para pembina atau pelatih mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam mempersiapkan paskibraka menjelang peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2017.

“Sebagai pembina dan pelatih paskibraka tentu tidak hanya bertugas dan melatih saja, tetapi bagaimana pelatih bisa mengarahkan generasi muda bangsa ini menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.

Menurut Tatok, untuk membentuk paskibraka diperlukan standarisasi yang harus ketahui. “Seperti standart postur dan tinggi badan, standart gerakan PBB, standart tata upacara dan lain sebagainya,” jelasnya.

Tatok menambahkan pembina dan pelatih paskibraka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan, komitmen dan keteladanan yang dapat mengarahkan dan mempengaruhi orang lain yang akan dilatih, sehingga menjadi orang-orang yang tegar dan penuh tanggung jawab serta percaya diri untuk menjadi paskibraka yang merupakan tugas berat tetapi mulia.

Selanjutnya para pembina dan pelatih paskibraka di sekolah tingkat SMA/SMK/MA ini mendapatkan materi dan praktek di halaman Komplek Diklat Kabupaten Probolinggo. (wan/fie)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger