Headlines News :
Home » » Diskan Berikan Pelatihan Budidaya Lele Sistem Biona

Diskan Berikan Pelatihan Budidaya Lele Sistem Biona

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 02 Februari 2017
SUMBERASIH – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kementerian Risten dan Dikti, LPM Universitas Muhammadiyah Malang dan LPM Ubaya Surabaya memberikan pelatihan budidaya lele dengan sistem biona bagi pembudidaya lele di Kecamatan Sumberasih, Rabu (1/2/2017).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang pembudidaya lele yang berasal dari 6 (enam) kelompok budidaya lele di Desa Banjarsari dan Ambulu Kecamatan Sumberasih. Dari Desa Banjarsari ada Kelompok Berkah Lakoh, Kelompok Ronda Malam, Kelompok Berkah Siongan dan Kelompok Dewi Fortuna. Sementara dari Desa Ambuku ada Kelompok Pantura Ambulu dan Kelompok Berkah Mandiri.

Kegiatan yang dipandu narasumber Ketua Jurusan Perikanan Fakultas Peternakan dan Perikanan Unmuh Malang Dr. Reza Lukman Hakim ini dihadiri oleh Ketua Tim Peneliti Ipteks Bagi Wilayah Yus Mochamad Cholily, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Hari Pur Sulistiono dan Kepala Bidang Program dan Litbang Bappeda Hary Tjahjono.

Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang teknik budidaya baru dengan sistem biona yang ramah lingkungan dengan keunggulan yang dapat diterapkan di lahan dengan air terbatas tanpa penggantian air sampai panen.

“Aplikasi untuk air tawar kolam bundar cukup untuk ukuran diameter 2 meter dan bisa diisi ikan sebanyak 2.000 hingga 3.000 ekor. Dengan perbandingan teknologi biasa hanya mampu diisi 500 hingga 1.000 ekor saja,” katanya.

Menurut Ipung, keunggulan lain dari sistem biona ini limbah air budidaya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Karena probiotik dan sisa makanan bisa diuraikan menjadi netrogen bebas yang sangat bagus untuk pupuk tanaman.

“Melalui pelatihan ini saya mengharapkan agar teknologi baru ini bisa diterapkan di masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan hasilnya lebih banyak. Disamping juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudiya lele,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kelompok Berkah Lakoh, Kelompok Ronda Malam, Kelompok Pantura Ambulu dan Kelompok Berkah Mandiri mendapatkan bantuan kolam ikan lele terpal bundar. (wan/fie)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger