Headlines News :
Home » » 2.587 Siswa SMP Siap UNBK

2.587 Siswa SMP Siap UNBK

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 06 Februari 2017
KRAKSAAN – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo akan diikuti oleh 2.587 siswa. Mereka berasal dari 29 lembaga SMP negeri/swasta terdiri dari 19 SMP Negeri dan 10 SMP swasta. UNBK sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei mendatang.

“Pelaksanaan UNBK setiap harinya akan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi. Selama 4 (empat) hari, para siswa SMP ini akan mengikuti UNBK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Priyo Siswoyo.

Menurut Priyo, UNBK sendiri disarankan sudah mencapai 30% dari 207 lembaga SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo. Hanya saja hingga saat ini baru ada 29 lembaga SMP yang siap melaksanakan UNBK. Selain mandiri, ada beberapa lembaga yang tidak mempunyai perangkat komputer menjalin kerja sama dengan lembaga SMK. Seperti, SMKN 1 Sumberasih, SMKN 1 Banyuanyar, SMKN 1 Gending, SMKN 1 Kotaanyar, SMKN 1 Kraksaan dan SMKN 2 Kraksaan.

“Untuk menghadapi UNBK tersebut, sejumlah persiapan sudah kami lakukan. Salah satunya dengan menggelar try out pertama dan kedua. Disamping itu juga melakukan perbaikan perangkat dan sistim jaringan. Serta penambahan kapasitas jaringan PLN. Sebagai antisipasi pemadaman listrik, kami juga menyiapkan genset,” jelasnya.

Priyo menerangkan bahwa soal ujian untuk UNBK ini murni berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Berbeda dengan ujian memakai kertas. Dimana 75-80% soal berasal dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan 25-30% berasal dari LPMP. “Rencananya tanggal 27-28 Pebruari mendatang akan ada simulasi try out nasional di lembaga masing-masing,” tegasnya.

Lebih lanjut Priyo mengharapkan agar ke depan UNBK bisa lebih besar cakupannya. Karena memang sangat bagus, baik dari tingkat efisiensi anggaran, kejujuran dan mengikuti tuntutan kemajuan zaman.

“Hasil ujian UNBK ini akan menjadi tolak ukur untuk menilai sejauh mana tingkat pendidikan pembelajaran di sekolah. Mudah-mudahan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Probolinggo bisa berjalan dengan sukses,” harapnya. (wan/why)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger