Headlines News :
Home » » 12 Perangkat Daerah Rakor Akuisisi Arsip Organisasi

12 Perangkat Daerah Rakor Akuisisi Arsip Organisasi

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 03 Februari 2017
DRINGU - Sebagai upaya penyelamatan arsip agar tidak punah dan hilang serta bisa terus dipertahankan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) akuisisi arsip organisasi, Kamis (2/2/2017).

Rakor yang dihadiri narasumber dari Dispersip Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh perwakilan 12 perangkat daerah di Kabupaten Probolinggo. Dimana dalam Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru, 12 perangkat daerah ini ada yang bergabung dengan yang lain dan ada juga yang bubar karena berganti nama.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Raharjo mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mengajak kepada 12 perangkat daerah untuk menyelamatkan arsip.

“Hal itu tentunya harus didata terlebih dahulu. Kemudian dilakukan pemilahan arsip, mana yang termasuk arsip dinamis dan statis. Arsip statis inilah yang selanjutnya harus diserahkan pengelolaannya kepada Dispersip,” katanya.

Menurut Raharjo, sebagai lembaga pengelola arsip di Kabupaten Probolinggo pihaknya akan terus berupaya melakukan penyelamatan dan akuisisi arsip dari lembaga pencipta arsip agar arsip yang penting dan bernilai guna tidak sampai lenyap dan bisa dipertahankan.

“Sehingga kita masih mempunyai rekam jejak kegiatan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Dengan kata lain kita bisa tahu bahwa dahulu ada Perangkat Daerah yang sekarang sudah tidak ada dari bukti arsipnya,” jelasnya.

Melalui rakor akuisisi arsip organisasi ini Raharjo mengharapkan agar 12 perangkat daerah dan masing-masing perangkat daerah lain bisa menyerahkan pengelolaan arsip statisnya ke Dispersip. “Dengan demikian tertib administrasi kearsipan bisa kita wujudkan bersama-sama,” pungkasnya. (wan/why)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger