Headlines News :
Home » » Segera Kembangkan Hutan Pinus Sebagai Lokasi Wisata

Segera Kembangkan Hutan Pinus Sebagai Lokasi Wisata

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 15 Januari 2017
SUMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo saat ini berencana menjadikan kawasan hutan pinus di Kecamatan Sumber sebagai tempat wisata baru. Hutan milik Perhutani itu nantinya akan disulap seperti wisata hutan pinus Imogiri Mangunan, Yogyakarta.

Camat Sumber Bambang Julius Wijanarko mengatakan bahwa pihaknya bakal segera berkoordinasi dengan Perhutani terkait dengan rencana tersebut. “Akan dikembangkan seperti di Jogja,” ujarnya.

Jika mengacu pada wisata hutan pinus Imogiri, hutan pinus di Kecamatan Sumber perlu diberi fasilitas gardu pandang, ampi teater yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushala dan warung-warung sederhana.

“Ada juga ayunan hammock yang digantung di antara pepohonan untuk bersantai serta rumah pohon yang membuat suasana menjadi sangat nyaman dan asyik. Dengan demikian, hutan itu akan jadi tempat piknik yang pas untuk menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan pekerjaan,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, pemerintah telah memasang banner ucapan selamat datang kepada wisatawan begitu memasuki hutan. “Selamat Datang di Wisata Hutan Pinus Kecamatan Sumber”. Pada banner itu, terpampang foto Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan suaminya yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Bambang Julius menyatakan, rencana itu bermula dari banyaknya orang yang berselfie di kawasan hutan pinus. Pasangan kekasih yang foto pra nikah (pre wedding) di hutan itu, juga tak sedikit jumlahnya.

Dari pantauan di lapangan, hutan pinus ini berada di tepi jalan menuju Kantor Kecamatan Sumber. Kecamatan ini berada di wilayah pegunungan. Sebagian warganya merupakan Suku Tengger yang tinggal di lereng Gunung Bromo.

Jalan menuju kecamatan ini, penuh kelokan dan menanjak, termasuk di kawasan hutan pinus yang mau dijadikan tempat wisata. Tak jauh dari hutan ini, juga ada spot foto yang tidak kalah bagus. Tempat ini diberi nama Bukit Selfie. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger