Headlines News :
Home » » Samakan Persepsi, Dispendik Leces Silaturrahim dengan Para Kepala SD

Samakan Persepsi, Dispendik Leces Silaturrahim dengan Para Kepala SD

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 19 Januari 2017
LECES – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan, koordinasi dan komunikasi demi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Leces dengan melakukan silaturahim dengan para Kepala SD negeri/swasta se-Kecamatan Leces.

“Hal ini sangat sederhana, tapi dampaknya luar biasa dalam proses kemajuan pendidikan. Karena dengan saling berkoordinasi dan komunikasi maka permasalahan apapun akan mudah dipecahkan bersama,” kata Kepala Cabang Dispendik Leces Massajo.

Menurut Massajo, jumlah lembaga SD di Kecamatan Leces mencapai 33 lembaga, terdiri dari 27 negeri dan 6 swasta. “Kami ingin mengetahui gambaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), PGRI dan Ketua Gugus KKG (Kelompok Kerja Guru). Kebetulan tahun 1992 saya pernah di Kecamatan Leces sebagai tenaga kontrak di bidang pendidikan masyarakat Dispendik Jawa Timur,” jelasnya.

Atas pengalaman itulah Massajo mengaku memiliki gambaran peta geografis, kondisi sosial masyarakat di Kecamatan Leces. “Kami ingin semangat para pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan prestasi di bidang pendidikan dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan masyarakat,” terangnya.

Massajo menegaskan bahwa sebenarnya Kecamatan Leces sudah kondusif dengan 8 (delapan) Standar Layanan Pendidikan, walaupun masih perlu catatan yang harus dibenahi mulai dari sarpras (sarana dan prasarana), pemenuhan guru dan jam belajar.

“Perlu didiskusikan agar SPM pendidikan masyarakat meningkat. Dari sisi geografis layanan pendidikan di tingkat dasar sesuai dengan kondisi masyarakat. Artinya, walaupun ada di satu desa, jumlah anak didiknya masih ideal. Hal ini dikarenakan masyarakat masih menganggap adanya nilai historis dan kultur masyarakat. Dengan kata lain ada kedekatan sejarah,” tegasnya.

Lebih lanjut Massajo menambahkan bahwa silaturrahim dengan para Kepala SD ini bertujuan ingin membagi suasana keakraban dan meningkatkan komunikasi sesuai dengan kultur masyarakat. “Tujuannya adalah membangun team work yang solid untuk memajukan dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kecamatan Leces,” ujarnya.

Melalui silaturrahim ini Massajo mengharapkan ada kesamaan persepsi agar suasana kerja dan informasi dapat tersampaikan. Semua program dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak terlalu formal kedinasan tetapi mampu mencapai cita-cita bersama.

“Ke depan ingin membuat team work yang mampu menjaga kekondusifan. Semua program dapat berjalan dengan baik dan terukur. Artinya jangan terlalu lambat dan jangan terlalu cepat. Semua bisa dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tentunya juga melalui peran tokoh masyarakat, tokoh agama dan SDM guru,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger