Headlines News :
Home » » Plengsengan Jebol, Kuburan Ikut Ambrol

Plengsengan Jebol, Kuburan Ikut Ambrol

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 16 Januari 2017
KRAKSAAN – Hujan deras yang terjadi Jumat (13/1/2017) malam lalu, menyebabkan plengsengan di Kali Kertosono, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ambrol. Akibatnya, dua makam yang berada di dekat plengsengan ini juga longsor.

Peristiwa ini bermula saat hujan mengguyur daerah setempat  sekitar pukul 18.00 WIB. Intensitas hujan yang tinggi membuat debit air di Kali Kertosono juga meningkat. Bahkan, sekitar pukul 19.00 ketinggian air di kali ini mencapai sekitar 7 meter. “Namun, saat itu plengsengannya belum ambrol,” ujar warga setempat, Sukarji.

Keesokan harinya, sekitar pukul  05.00 WIB, plengsengan ini ambrol sepanjang 15 meter. Tak ayal, kuburan yang berada di atas sungai ini juga ikut ambrol. Oleh warga, nisan dan tulang belulang di makam ambrol ini dipindahkan ke sisi timur sekitar 200 meter dari tempat semula.

“Tidak hanya plengsengan yang ambrol, 2 makam yang berada di dekat plengsengan juga terkena. Akhirnya, saya pindahkan 200 meter dari tempat semula,” ujar Sukarji.

Menurutnya, ambrolnya plengsengan ini bukanlah yang pertama. Beberapa waktu lalu,  plengsengan ambrol di dua titik. Letaknya tidak jauh dari tempat plengsengan yang ambrol Jumat lalu.  Setiap titik ambrol sekitar 4 meter. “Satu titik plengsengan sudah tertangani. Satunya lagi  belum,” ujarnya. 

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan, untuk sementara di lokasi ambrolnya pelengsengan ini sudah di pasang disaster line agar warga tidak beraktivitas di bantaran  yang ambrol. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait agar segera ditangani.

“Penyebab ambrolnya plengsengan karena plengsengan lama belum tertangani. Sehingga, saat terkena air yang deras, plengsengan tidak kuat dan ambrol,” ujarnya.

Sedangkan, Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten  Probolinggo Oemar Sjarief menerangkan, tahun ini pihaknya berencana membangun parapet di sisi timur Kali Kertosono.

Serta, memperbaiki plengsengan ambrol yang belum tertangani. Tapi, karena plengsengan di hulu Kali Kertosono kembali ambrol, pihaknya akan kembali melakukan estimasi ulang. “Insya Allah dapat tertangani tahun ini. Kebetulan, tahun ini kami  punya proyek di Kali Kertosono,”  ujarnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger