Headlines News :
Home » » Hiu Muncul, Wisatawan Pantai Bentar Membeludak

Hiu Muncul, Wisatawan Pantai Bentar Membeludak

Penulis : Dimas Bromo FM
Minggu, 01 Januari 2017
GENDING - Munculnya hiu tutul di kawasan Pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak ayal, sejak mamalia pemburu plangton ini muncul, pengunjung Pantai Bentar makin membeludak.

Bila biasanya hanya 50 pengunjung per hari, kini bisa mencapai 500 pengunjung per hari. Koordinator Pengelola Wisata Pantai Bentar Muradi mengatakan, fenomena ini terjadi setahun sekali. Basanya,  hiu ini muncul kala musim hujan selama sekitar 2 bulan sampai 3 bulan. “Biasanya pada bulan 12 akhir tahun,” ujarnya.

Muradi mengatakan, munculnya hiu tutul ini membawa berkah bagi Pantai Bentar. Apalagi, kini berbarengan dengan liburan tahun baru. Sehingga, jumlah pengunjung bisa naik lipat  sepuluh dibanding hari-hari biasa.

Para pengunjung ini juga banyak yang berasal dari luar daerah. Seperti, dari  Kota Mojokerto, Sidoarjo, Lumajang, Jember, Jogjakarta dan Jakarta. Hiu tutul yang muncul diperairan Pantai Bentar ini, cukup banyak. Namun, dijamin tidak membahayakan bagi pengunjung meski dilihat dari  jarak dekat. Sebab, hiu ini sudah jinak.

“Senin kemarin ada sekitar 40 ekor. Semua itu sudah jinak,” ujarnya. Namun, Sabtu (31/12/2016) pukul 10.00 WIB, hanya terlihat satu hiu tutul dengan panjang sekitar 5 meter dan diameter sekitar 1,5 meter. Mamalia ini terlihat berenang di kawasan Pantai Bentar, sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Wisatawan bisa melihat dari dekat dengan menumpang perahu yang disiapkan pengelola Pantai Bentar. Salah satu pengunjung asal Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Samsul, 45, mengaku senang bisa melihat hiu tutul secara langsung.

“Senang lah, baru pertama juga melihat hiu,” ujarnya. Wisatawan lainnya ada Retno Sulanjari, 29, yang juga dari Jember. Ia mengaku rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat hiu tutul. “Saya sengaja datang dari Jember untuk melihat hiu itu secara langsung,” ujarnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger