Headlines News :
Home » » Enam Desa Tanpa Bidan

Enam Desa Tanpa Bidan

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 09 Januari 2017
KRAKSAAN - Dari 325 desa di Kabupaten Probolinggo, belum semuanya memiliki bidan desa. Sejauh ini, masih ada 6 desa yang belum memiliki bidan. Sebab, jumlah bidan desa di Kabupaten Probolinggo baru mencapai 319  orang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Moch. Asjroel Sjakrie mengatakan, jumlah bidan desa di Kabupaten Probolinggo mencapai 319 orang. Terdiri dari 146 bidan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), 126 bidan  berstatus Pegawai Tidak Tetap  (PTT) dan 47 bidan berstatus  tenaga honorer.

Sejumlah 319 bidan itu tersebar di 319 desa. Sedangkan, 6 desa sisanya sejauh ini belum memiliki bidan. Yakni, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura; Desa  Karangrejo, Kecamatan Kuripan dan Desa Gunungbekel, Kecamatan Tegalsiwalan. Serta, Desa Andungsari Kecamatan Tiris; Desa Roto Kecamatan Krucil dan Desa Tambakukir Kecamatan Kotaanyar.

“Hanya 319 desa yang memiliki bidan. Sedangkan, enam desa lainnya tidak memiliki bidan, baik yang berstatus PNS, PTT ataupun tenaga honorer,” ujarnya. Karena tak memiliki bidan, warga  6 desa itu harus memanfaatkan  bidan dari desa terdekat.

Menurut Asjroel, kekosongan bidan di sejumlah desa itu menimbulkan permasalahan yang cukup serius. Saat ada warga yang sakit ataupun akan melahirkan, warga yang di desanya tidak memiliki bidan, harus pergi ke desa lainnya.

“Terkadang seorang ibu yang hendak melahirkan harus menempuh jarak yang cukup jauh. Sebab, mereka harus pergi ke desa tetangga untuk melakukan persalinan,” ujarnya.

Asjroel menjelaskan, tidak adanya bidan di 6 desa itu karena pihaknya masih kekurangan sumber daya manusia (SDM). Ini karena adanya moratorium dari Pemerintah Pusat. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger