Headlines News :
Home » » Dilantik, Pengurus PPNI Diminta Kedepankan Profesionalisme

Dilantik, Pengurus PPNI Diminta Kedepankan Profesionalisme

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 14 Januari 2017
DRINGU – Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Probolinggo periode 2016-2021 dilantik bersamaan di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/1/2017).

Pelantikan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Suharto, Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur Nur Salam, Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Mujoko serta perwakilan organisasi profesi di Kabupaten Probolinggo.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Mujoko mengungkapkan bahwa dalam berorganisasi PPNI tidak bisa berdiri sendiri dan merasa selalu benar. Jika hal itu terjadi maka organisasi mandul dan tidak berjalan. Pasalnya di samping kanan dan kiri ada profesi lain yang tidak bisa lepas dari profesi PPNI.

“Dalam melaksanakan gerak organisasi baik di tempat kerja maupun di lapangan agar bisa lebih mengedepankan profesionalisme yang bisa dipertanggungjawabkan. Bisa membangun komunikasi dan sinergi dengan lintas profesi dan pemerintah,” katanya.

Meskipun independen jelas Mujoko, PPNI tidak bisa lepas kontrol. Filosofi tersebut harus dijadikan pijakan kalau sebagai perawat harus bisa menunjukkan sikap. Sepak terjang pengurus PPNI harus menunjukkan perilaku yang baik serta mampu menunjukkan loyalitas kepada bangsa dan masyarakat secara menyeluruh.

“Sebagai pengurus, tunjukkan bahwa teman-teman bekerja secara profesional. Disamping juga berpedoman pada tata krama. Oleh karena itu, organisasi ini harus digerakkan dengan hati dan perasaan. Dari situlah karyanya akan bermanfaat pada masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Kepada pengurus PPNI yang sudah dilantik Mujoko meminta agar program kerja yang sudah berjalan segera dievaluasi dan segera menyusun program yang konkret. “Jalin hubungan yang baik dan mampu berkoordinasi dengan pemerintah dan masyarakat serta organisasi yan lain,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur Nur Salam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mujoko yang pada kepengurusan sebelumnya mampu membawa perkembangan yang luar biasa terhadap PPNI di Kabupaten Probolinggo.

“Intinya organisasi ini bisa disayangi oleh anggota dan pemerintah serta diperhitungkan oleh organisasi lain. Organisasi ini mampu melakukan penguatan organisasi dan memenuhi kebutuhan anggota,” katanya.

Nur Salam juga memberikan apresiasi karena sudah ada 10 pengurus PPNI yang dipercaya menjadi kepala puskesmas dan diberi tanggung jawab yang lebih besar di Kabupaten Probolinggo.

“Ini membuktikan bahwa PPNI sudah memberikan kontribusi dalam pembangunan sehingga diperhatikan oleh pemerintah. Dengan kata lain organisasi ini dikenal karena sudah memberikan bukti pengabdian,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris Dinkes Kabupaten Probolinggo Suharto menyampaikan bahwa pelantikan ini adalah sebuah hal strategis dalam organisasi. Oleh karena itu, pengurus PPNI yang sudah dilantik bisa bekerja dengan ikhlas dan bertanggung jawab, profesional dan menjunjung tinggi etika. “Setelah dilantik, pengurus PPNI harus menjawab tantangan saat ini. Kabupaten Probolinggo memerlukan tenaga yang handal,” katanya.

Menurut Suharto, program prioritas di Kabupaten Probolinggo meliputi kesehatan, pendidikan dan perekonomian. Hanya saja yang menjadi keprihatinan adalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih tinggi serta angka harapan hidup yang masih rendah.

“Tantangannya adalah bagaimana pengurus PPNI ini bisa membantu menurunkan AKI dan AKB. Mudah-mudahan teman-teman perawat bisa meningkatkan kinerja, berhasil guna dan bermanfaat guna. Ke depan perawat harus menjadi pioner pembangunan sehingga kesehatan menjadi kuat,” pungkasnya. (wan/ast)
 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger