Headlines News :
Home » » Wabup Pimpin Rakor Pokjanal Posyandu

Wabup Pimpin Rakor Pokjanal Posyandu

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 08 Desember 2016
KRAKSAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Kamis (8/12/2016) menggelar rapat koordinasi (rakor) kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Rakor pokjanal posyandu yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Bapemas Heri Sulistyanto, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Shodiq Tjahjono dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Rakor pokjanal posyandu kabupaten dan kecamatan ini diikuti peserta dari Tim Pokjanal Posyandu Kabupaten dan Kecamatan, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas dan Koordinator KB Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala Bapemas Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengungkapkan rakor pokjanal posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi pokjanal posyandu Kabupaten dan kecamatan dalam rangka meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Probolinggo.

Sementara Wabup Timbul Prihanjoko mengatakan posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan ibu dan anak perlu dipertahankan keberadaannya mengingat peran posyandu yang memberikan kemudahan kepada masyarakat di dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak serta untuk deteksi dini terjadinya gizi buruk dan gizi kurang yang terjadi di masyarakat, meningkatkan D/S kunjungan kehamilan.

“Pemerintah akan terus melakukan pembinaan secara berjenjang kepada lembaga Pembina posyandu dan kader posyandu sehingga jati diri posyandu sebagai organisasi kemasyarakatan yang berprinsip dari, oleh dan untuk masyarakat benar-benar dapat dipelihara dan dikembangkan agar ke depan posyandu dapat berkembang melalui partisipasi dan swadaya masyarakat,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, berbicara posyandu sama saja dengan berbicara tentang kemajuan Kabupaten Probolinggo. Sebab posyandu ini merupakan roh dari perjuangan, bagaimana memperhatikan kesehatan ibu dan anak. Salah satu keberhasilan IPM bagaimana mengelola posyandu dengan baik.

“Untuk meningkatkan pelayanan melalui posyandu, maka harus ada deteksi ini baik dari petugas maupun aparat pemerintah dengan melihat kondisi riil masyarakat, khususnya ibu dan anak,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menegaskan bahwa untuk memaksimalkan peran posyandu, maka koordinasi dan komunikasi sangatlah penting. Sebab jika posyandu bagus, maka perkembangan kesehatan ibu dan anak juga akan baik. “Peran dari PKK sangat penting dalam memberikan pembinaan kepada petugas posyandu yang ada di tingkat desa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada pemenang lomba posyandu kategori purnama dan lomba kontak kader posyandu. (wa
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger