Headlines News :
Home » » Terapkan Sistem Tanam Jajar Legowo

Terapkan Sistem Tanam Jajar Legowo

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 31 Desember 2016
KRAKSAAN – Untuk meningkatkan produktivitas padi, salah satunya dengan penanaman padi dengan sistem jajar legowo. Yakni, penanaman padi yang diatur sedemikian rupa dengan lorong atau ruang terbuka yang cukup lebar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari mengatakan, sistem jajar legowo ini merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, utamanya padi.

“Kalau biasanya petani menanam dengan jarak 20 cm x 20 cm sekitar 250.000 tanaman, maka dengan sistem jajar legowo menjadi 40 cm atau 360.000 tanaman. Artinya ada penambahan sekitar 110.000 tanaman. Ini yang diperkirakan ada peningkatan produksi,” katanya.

Hasyim menerangkan, pengaturan jarak tanam sangat erat hubungannya dengan tingkat kesuburan tanah dan jenis varietas yang akan ditanam. “Jarak tanam ini sangat menentukan tingkat produktivitas pertanian saat panen,” jelasnya.

Menurut Hasyim, sistem tanam jajar legowo memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, menambah jumlah tanaman padi yang secara otomatis juga akan meningkatkan produksi padi dan memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir.

“Di samping itu mengurangi serangan hama dan penyakit, mempermudah dalam perawatan baik itu pemupukan maupun penyemprotan pestisida serta menghemat pupuk karena yang dipupuk hanya bagian dalam baris tanaman,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger