Headlines News :
Home » » Tenggelamkan 40 Modul Fish Apartement

Tenggelamkan 40 Modul Fish Apartement

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 07 Desember 2016
SUMBERASIH ¬- Untuk menjaga ekosistem laut yang rusak, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Diskanla Provinsi Jawa Timur dan KUB Gili Bahari Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih menenggelamkan 40 modul rumah ikan (fish apartement) di perairan pantai utara Pulau Gili Ketapang, Selasa (6/12/2016).

Fish apartement berukuran tinggi 2,5 meter dan lebar persegi 1 meter dan bawahnya dicor agar tidak terombang-ambing oleh ombak laut. Rumah ikan yang terbuat dari bahan Poli Prophylene tersebut ditenggelamkan di perairan dengan kedalaman 15 hingga 17 meter.

Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Wahid Noor Azis mengungkapkan, fish apartement ini merupakan tempat berlindung, tempat tinggal dan berkembangbiaknya ikan serta habitat laut lainnya.

“Penenggelaman fish apartement ini bertujuan untuk menciptakan perlindungan biota laut, khususnya ikan sehingga dapat berkembang biak dan hidup dengan aman. Rumah ikan ini nantinya menjadi tempat tumbuhnya soft coral dan kerang-kerangan untuk dimakan ikan,” ungkapnya.

Menurut Wahid, fish apartement ini merupakan bantuan dari Diskanla Provinsi Jawa Timur kepada KUB Gili Bahari. “Perairan utara Pulau Gili Ketapang dipilih dengan pertimbangan tidak mengganggu alur perahu nelayan dan masih ada pencahayaan sinar matahari,” tegasnya.

Wahid menegaskan dalam penenggelaman ini 5 modul fish apartement dijadikan satu koloni supaya kelihatan mewakili satu rumah. Sehingga beberapa jenis ikan bisa tinggal, betah dan berkembang biak dengan baik.

“Harapannya semakin banyak ikan yang hidup di sekitar Pulau Gili Ketapang. Dengan adanya rumah ikan, maka ikan yang migrasi akan mampir dan betah kemudian berlindung dan bertahap hidup serta berkembang biak. Setidaknya ada pemulihan dan peningkatan jumlah ikan yang ada di perairan Pulau Gili Ketapang,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger