Headlines News :
Home » » Tanamkan Budaya Antikorupsi Sejak Dini

Tanamkan Budaya Antikorupsi Sejak Dini

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 02 Desember  2016
KRAKSAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berupaya melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Salah satunya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) dengan melibatkan para siswa dan siswi jenjang SMA.

Pencegahan tindak pidana korupsi di kalangan generasi itu, Kamis (1/12/2016) dideklarasikan di halaman Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo. Di mana ikrar deklarasi antikorupsi itu dibacakan dua siswa SMAN 1 Gending.

Deklarasi itu diikuti 400 siswa SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo. Menariknya, dalam deklarasi tersebut diwarnai lomba cerdas cermat tentang hukum hasil sinergi Dispendik Kabupaten Probolinggo dengan Kejari Kabupaten Probolinggo dan Polres Probolinggo.

Sebanyak 5 regu dari SMA/SMK yang menjadi finalis dalam lomba tahapan sebelumnya beradu pengetahuan tentang permasalahan korupsi. Ada pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan korupsi yang diberikan dewan juri.

Kajari Kabupaten Probolinggo, Edy Sumarno mengatakan, ikrar ini merupakan titik awal dan komitmen para siswa dan siswi SMA yang peduli akan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Karena selama ini tugas dan fungsi aparat penegak hukum sedikit banyak dibantu siswa dan siswi.

“Ikrar anti korupsi ini juga memiliki makna yang strategis dalam rangka kita ikut bersama-sama mensosialisasikan gerakan anti korupsi, khususnya di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Kajari, ikrar ini tidak akan mempunyai arti yang luas apabila tidak dilaksanakan dan tidak diimplementasikan dalam kehidupan masing-masing. Kejujuran dan integritas yang dimiliki siswa siswi merupakan salah satu modal utama, karena kedepan integritas kejujuran akan sangat berarti untuk masa depan siswa dan siswi.

“Sebagai generasi penerus bangsa, ke depan bangsa ini tergantung adik-adik sekalian. Oleh karena itu, ikrar anti tindak pidana korupsi ini harus benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo dan Kasat Binmas Polres Probolinggo AKP Hendrix K. Wardhana. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger