Headlines News :
Home » » Selamatan Desa Sarana Lestarikan Budaya Adat dan Istiadat

Selamatan Desa Sarana Lestarikan Budaya Adat dan Istiadat

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at , 16 Desember 2016
MARON – Sebagai upaya untuk melestarikan budaya adat dan istiadat di tengah-tengah masyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Probolinggo menggagas kegiatan selamatan desa di Desa Maron Kulon Kecamatan Maron, Selasa (13/12/2016) malam.

Selamatan desa ini diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Maron Kulon. Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini dimeriahkan dengan pawai obor, arak-arakan tumpeng raksasa dan arak-arakan panen hasil bumi.

Kepala Bidang Keswadayaan Masyarakat Bapemas Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengungkapkan kegiatan ini ditangani Bapemas karena ada tupoksi pelestarian budaya adat dan istiadat daerah ditinjau dari segi pemberdayaan masyarakat. Bagaimana masyarakat melestarikan budaya dan adat istiadat itu dari diri sendiri.

“Tidak ada intervensi dari Pemerintah Daerah. Bagaimana masyarakat itu peduli dalam melestarikan budaya dan adat istiadatnya. Untuk pelestarian adat istiadat ini menitikberatkan pada selamatan desa/rokatan,” katanya.

Menurut Taufik, hakekat rokatan ini sebagai ungkapan syukur atas nikmat dan rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa sekaligus memohon agar desa dijauhkan dari segala mara bahaya. “Serta mengharapkan desa menjadi desa yang makmur dan maju,” jelasnya.

Sementara Kepala Bapemas Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan budaya adat dan istiadat wajib terus dilestarikan. Karena bagaimanapun juga hal tersebut merupakan modal dan kekuatan dalam membangun desa. “Dalam pelestarian budaya adat dan istiadat terdapat unsur gotong royong masyarakat yang merupakan kekuatan membangun desa,” katanya.

Menurut Heri, kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi semakin lunturnya untuk mencintai budaya adat dan istiadat daerah. “Diharapkan dengan kegiatan ini generasi muda semakin mencintai budaya adat dan istiadat sebagai filter akan pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya daerah,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Desa Maron Kulon Hasan Basri menyambut baik atas dukungan dari Bapemas dalam menghidupkan kembali budaya selamatan desa yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat. “Inilah momentum yang tepat untuk mengangkat budaya lokal,” ungkapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger