Headlines News :
Home » » Puskesmas Ranugedang Dimonitor Tim Surveyor Akreditasi

Puskesmas Ranugedang Dimonitor Tim Surveyor Akreditasi

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 28 Desember 2016

TIRIS – Puskesmas Ranugedang Kecamatan Tiris dimonitor oleh Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Selama 3 (tiga) hari, Rabu hingga Kamis (28-30/12/2016), tim ini akan melihat dari dekat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas sebanyak 3 (tiga) orang ini dipimpin oleh Ni Made Indra Maharani. Kedatangan mereka disambut oleh Camat Tiris Roby Siswanto, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo serta Kepala Puskesmas Ranugedang Mujoko, Rabu (28/12/2016).

Camat Tiris Roby Siswanto mengaku bersyukur atas kedatangan Tim Surveyor Akreditasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Kami merasa bersyukur karena Puskesmas Ranugedang diberi kesempatan untuk memacu lagi kinerja pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Roby merasa bangga karena Puskesmas Ranugedang sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih selama ini sudah ada pendampingan kepada masyarakat sebagai upaya memberikan pelayanan di berbagai bidang.

“Kegiatan menonjol adanya posyandu balita dan lansia serta penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif dalam upaya perbaikan pelayanan di masa yang akan datang,” katanya.

Sedangkan Ketua Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Ni Made Indra Maharani mengatakan bahwa tujuan kedatangannya adalah ingin melihat dan memotret apa yang dilakukan Puskesmas Ranugedang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Baik bidang administrasi manajemen, bidang upaya kesehatan masyarakat maupun bidang upaya kesehatan perorangan sesuai standar di FKTP/puskesmas.

“Semoga hasil potretan ini sesuai dengan keinginan Puskesmas Ranugedang. Tetapi saya yakin pasti bisa. Namun semua itu bisa terwujud kalau ada kemauan yang kuat. Kalau tidak ada kemauan, maka seringan apapun tidak akan bisa dilakukan,” katanya.

Menurut Ni Made, tujuan akreditasi ini adalah meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Disamping meningkatkan perlindungan bagi SDM kesehatan, masyarakat dan lingkungannya serta puskesmas. “Serta meningkatkan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Ranugedang Mujoko mengungkapkan Puskesmas Ranugedang melayani masyarakat yang berada di 7 desa, 30 dusun, 36 RW dan 108 RT. Dimana jumlah penduduk 32.144 jiwa dengan 8.976 KK. “Masyarakat miskin yang tercover PBI (Penerima Bantuan Iuran) BPJS Kesehatan mencapai 19.594 jiwa,” katanya.

Menurut Mujoko, tata nilai Puskesmas Ranugedang adalah Dobrak. Meliputi, dorong kemandirian masyarakat, bangun integritas dan profesionalisme serta kerja keras, efektif dan efisien. “Strateginya dilakukan dengan mengefektifkan UKBM, penguatan SDM serta pemetaan dan penanganan kasus secara cepat, tepat dan akurat,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger