Headlines News :
Home » » Pokdakan Muara Berpacu Raih Juara Lomba Pokdakan Udang

Pokdakan Muara Berpacu Raih Juara Lomba Pokdakan Udang


Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 14 Desember 2016
SURABAYA - Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Muara Berpacu Desa Pajurangan Kecamatan Gending berhasil menjadi juara 1 dalam Lomba Pokdakan Udang Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2016. Kelompok ini berhasil menyisihkan 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Hadiah dan piala diserahkan langsung oleh Kasi Kesehatan Ikan dan Lingkungan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Jawa Timur Lilia kepada Ketua Pokdakan Muara Berpacu Nur Ahmad di Kantor Diskanla Provinsi Jawa Timur, Selasa (13/12/2016).

Nur Ahmad mengaku senang dengan penghargaan yang diraihnya karena telah memberikan hal terbaik bagi kampung Kabupaten Probolinggo di tingkat Provinsi Jawa Timur. “Penghargaan ini akan menjadi pemacu teman-teman kelompok lainnya dalam peningkatan kesejahteraan dan semangat berusaha,” katanya.

Menurut Nur Ahmad, pada awalnya sekitar tahun 2015 kelompok ini menggeluti budidaya bandeng. Namun seiring adanya program demfarm udang Vannamei maka kemudian beralih ke budaya udang baik tradisional maupun intensif.

“Kebetulan waktu itu kami mendapatkan paket bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan. Selanjutnya kami berupaya melakukan pengembangan sendiri. Hasilnya, dari awalnya cuma petak meningkat menjadi dua petak. Ternyata budidaya udang jauh lebih menguntungkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Budidaya Perikanan Hari Pur Sulistiono mengatakan bahwa prestasi tersebut bisa menjadi inspirasi dalam mengembangkan dan inovasi menuju kelembagaan yang semakin kuat. Sehingga lebih dirasakan manfaatnya terutama bagi anggota kelompok.

“Dengan penghargaan ini kami berharap kelompok bisa lebih tertib administrasi, terutama yang berkaitan dengan pengembangan modal dalam upaya meningkatkan usaha budidaya udang. Intinya, manajemen permodalan harus lebih diperbaiki lagi,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger