Headlines News :
Home » , » Peran Multifungsi

Peran Multifungsi

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 04 Desember 2016

PAKUNIRAN – Guru SMPN 4 Pakuniran Satu Atap, Yeni Sudiono mengatakan, guru bertugas mendidik siswa supaya menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Guru juga memiliki peran multifungsi sebagai perencana, inisiator, motivator, observator, model, evaluator, teman bereksplorasi bersama anak didik, serta promotor agar anak menjadi pembelajar sejati.

“Setiap guru memiliki cara tersendiri dalam menghadapi anak didiknya. Kalau saya mencoba cara pendekatan individual, karena setiap anak mempunyai karakteristik berbeda,” ujar istri Agus Maksum ini.

Perempuan kelahiran Probolinggo, 4 Pebruari 1982 ini menjelaskan, untuk menjadi guru yang sukses maka kuncinya harus ikhlas dalam mendidik walaupun bukan anak sendiri, menjadi guru yang menguasai kompetensi guru.

“Untuk guru yang lain saya berpesan agar dalam melaksanakan tugas sebagai guru perdalam UU (Undang-undang) Guru dan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya,” jelas alumnus SMKN 1 Kraksaan ini.

Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Sudiono dan Subaida ini mengaku, ada suka dan duka yang dialaminya selama menjadi guru. Sukanya, punya banyak teman guru dan bisa menyalurkan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Tetapi dukanya, pada saat musim hujan, medan menuju sekolah sangat menyeramkan karena jalannya tanjakan dan kanan-kiri jurang.

“Pengalaman paling berkesan yang saya rasakan adalah dapat mengubah perilaku anak dari yang tidak baik menjadi baik. Motivasi menjadi guru murni karena panggilan jiwa dalam rangka mencerdaskan anak terutama di daerah pegunungan,” pungkas perempuan yang hobi menyanyi, traveling dan shopping ini. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger