Headlines News :
Home » » Pengunjung Pantai Duta Membeludak

Pengunjung Pantai Duta Membeludak

Penulis : Dimas Bromo FM
Senin, 26 Desember 2016
PAITON – Libur akhir pekan yang bersamaan dengan libur Natal menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pengelola objek wisata. Sebab, sejumlah objek wisata dipadati pengunjung. Hal itu seperti terlihat di Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (25/12/2016).

Kawasan itu dipenuhi wisatawan lokal maupun luar daerah. Sayangnya, peningkatan pengunjung di kawasan tersebut belum ditunjang fasilitas yang memadai. Sejumlah pengunjung mengeluhkan kondisi parkir yang semrawut lantaran tak tersedia lahan parkir.

Keluhan itu seperti disuarakan Ninik Gunawan, wisatawan asal Jombang. Ia mengatakan, mengetahui Pantai Duta lewat temannya yang berasal dari Probolinggo. Karena penasaran melihat ada ayunan di pantai, ia bersama keluarganya pun mencoba untuk datang langsung ke Pantai  Duta.

Ia mengaku keindahan Pantai Duta sangat memikat. Namun, ia menyebut tidak adanya lahan parkir membuat keindahan pantai sedikit berkurang. Pasalnya, wisatawan harus parkir sembarangan di dekat stan penjual.

Walhasil, pohon cemara laut yang ditanam di selatan pantai tidak terlihat karena terhalang kendaraan sejumlah pengunjung. “Pantai Duta sangat bagus. Namun, sayang karena tidak adanya lahan parkir membuat pengunjung memarkir kendaraan secara sembarangan di dekat stan penjual. Hal ini membuat keindahan cemara laut tidak terlihat,” katanya.

Koordinator pengelola wisata pantai Duta, Abdul Azis menjelaskan, libur akhir pekan ini memberi dampak positif. Jumlah pengunjung naik hingga 50 persen. Namun, ia mengaku banyak pengunjung terutama dari luar  kota menyesalkan tidak adanya lahan parkir.

Menurutnya, hal ini sudah disampaikannya ke Bappeda Kabupaten Probolinggo. Sebab, di dekat gapura masuk, ada tanah seluas 1 hektare yang bisa dimanfaatkan untuk menampung sekitar 300 kendaraan.

Terpisah, Kepala Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Probolinggo Prijono menjelaskan, tahun depan Pemkab Probolinggo kembali mengalokasikan anggaran Rp 1,5 miliar untuk  sejumlah fasilitas penunjang di Pantai Duta.

Diantaranya adalah untuk membangun pengaman pantai dan membangun tempat mandi dan gazebo. “Kalau untuk pembangunan lahan parkir paling cepat ya setelah perubahan anggaran keuangan (PAK), sebab untuk APBD 2017 sudah didok,” kata Prijono. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger