Headlines News :
Home » » Larang Potong Ternak Ruminansia Betina Produktif

Larang Potong Ternak Ruminansia Betina Produktif

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 29 Desember 2016
KRAKSAAN – Populasi ternak di Kabupaten Probolinggo berada di lima besar di tingkat Jawa Timur. Hanya saja populasi itu terancam terus berkurang karena gangguan penyakit hewan dan gangguan reproduksi serta pengeluaran ternak, terutama bibit ke luar daerah yang tidak terkendali. Termasuk pemotongan ternak ruminansia betina produktif.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo, Endang Sri Wahyuni mengatakan, ternak ruminansia betina produktif merupakan ruminansia besar. Yakni, sapi dan kerbau yang melahirkan kurang dari lima kali atau berumur di bawah 8 tahun. Di samping ruminansia kecil meliputi kambing dan domba yang melahirkan kurang dari 5 kali atau berumur di bawah 4 tahun 6 bulan.

“Untuk meningkatkan populasi ternak dan terwujudnya swasembada daging nasional, mulai sekarang harus stop pemotongan ternak ruminansia betina produktif. Ternak ruminansia betina produktif itu dilarang dipotong. Karena kalau dipotong maka populasinya akan punah,” katanya.

Menurut Endang, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 41 Tahun 2014, pasal 18 ayat 1, dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif.

“Selain sanksi administratif, bagi orang yang menyembelih ternak ruminansia betina produktif juga akan dikenai sanksi pidana.Selain pidana kurungan juga denda mulai Rp 1 juta hingga Rp 300 juta,” tegasnya.

Untuk meningkatkan populasi ternak, jelas Endang, maka pihaknya rutin memberikan sosialisasi tentang pengawasan peredaran produk hewan dan penertiban pemotongan ternak, terutama larangan pemotongan ternak ruminansia betina produktif.

“Sosialisasi ini kami berikan kepada jagal, kepala desa dan masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan populasi ternak serta produksi dan kualitas daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger