Headlines News :
Home » » Hasan : Lomba Perkutut Bagian dari Budaya Bangsa

Hasan : Lomba Perkutut Bagian dari Budaya Bangsa

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 05 Desember 2016
PAITON – Sedikitnya 500 burung perkutut dari dalam dan luar Kabupaten Probolinggo, Minggu (04/12/2016) meramaikan Lomba Perkutut Hasan Aminuddin Cup di Lapangan Desa Sidodadi Kecamatan Paiton. Selain dari Jawa Timur, para peserta ini berasal dari Kalimantan dan Bali. Bahkan ada yang jauh-jauh dari Malaysia.

Lomba Perkutut yang digelar Koordinator Wilayah (Korwil) Perkutut Jawa Timur ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Forkopimka Paiton. Hadir pula para Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Paiton.

Dalam sambutannya Hasan Aminuddin mengungkapkan lomba perkutut ini merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia. Siapapun ayahnya selain secara pribadi hobi, maka akan ada semacam sugesti setiap ada permasalahan agar mampu mencari jalan keluarnya lewat suara Perkutut.

“Dengan mendengar suara Perkutut, maka akan ada getaran hatinya untuk dapat mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam kegalauan pikirannya,” katanya.

Menurut Hasan, kegiatan semacam ini perlu untuk dipertahankan dan dipelihara di tahun-tahun mendatang. “Ada keinginan untuk mengadakan lagi lewat kemasan Bupati Cup. Karena ini ajang bukan maksiat dan mampu meningkatkan silaturahim, maka Pemerintah Daerah harus memfasilitasi. Tetapi dengan catatan, pesertanya harus ramai, minimal seperti saat ini,” tegasnya.

Dewan juri melakukan penilaian dengan teliti dan jeli mulai dari melihat fisik burung, irama suara burung serta gaya suara atas penampilan burung dan modulasi suara atau kerasnya suara yang dibunyikan oleh suara burung perkutut tersebut.

Dalam kegiatan ini, disedikana hadiah utama berupa satu unit kendaraan sepeda motor. Dalam penentuan hadiah utama ini, pengundian nomor peserta dilakukan oleh anak yatim berusia 13 tahun dari Desa Sidodadi Kecamatan Paiton. Hasilnya, sepeda motor tersebut akhirnya diraih oleh Muhammad asal Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger