Headlines News :
Home » » Harus Ada Komunikasi Antara Petani dan Juru Air

Harus Ada Komunikasi Antara Petani dan Juru Air

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 01 Desember 2016

KREJENGAN – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan bahwa Pemerintah Daerah terus berupaya bagaimana bisa menghormati petani sehingga menjadi petani yang profesional serta mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tantri ketika melakukan penanaman padi menandai awal musim tanam 2016/2017 di Saluran Sekunder Sentong I di Desa Sentong Kecamatan Krejengan, Kamis (1/12/2016) pagi.

“Hari ini khusus petani padi telah mampu mencukupi kebutuhan pangan sehingga surplus dan mampu membantu kebutuhan beras secara nasional. Oleh karenanya, kunci apakah petani berhasil apa tdk tergantung pada infrastruktur air. Harus ada komunikasi antara petani dan juru air,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, infrastruktur pertanian selama ini mampu dinikmati petani. Oleh karena itu, gabungan kelompok tani (gapoktan) harus menguatkan manajemen yang professional. Setidaknya bisa meminimalisir protesnya petani dari ketidakadilan.

“Gapoktan harus berupaya agar semua infrastruktur bisa memberikan manfaat. Jalankan dengan profesional dan bersinergi bagaimana memakmurkan petani. Saya harapkan dengan teknologi yang berkembang, petani harus mau membuka diri. Tugasnya memotret mana yang cocok diterapkan hingga mampu menduplikasi keberhasilan daerah lain,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri mengajak para masyarakat, khususnya petani bersyukur karena Kabupaten Probolinggo diberi limpahan alam yang sangat besar. Salah satunya adalah kesuburan tanah dan geografis alam yang sangat menguntungkan petani.

“Upaya dalam meningkatkan produktitas pertanian, bahwasanya setiap tahun ada pembinaan dan peningkatan mulai dari manajemen tata kelola tanam, irigasi, ketersediaan air dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Penanaman padi ini diawali dengan penandatanganan Rencana Tata Tanam Global (RTTG) tahun 2016/2017 sawah beririgasi oleh Kepala Bappeda Dewi Korina, Kepala Dinas PU Pengairan Donny Adianto, Kepala Dinas Pertanian Ahmad Hasyim Ashari diketahui oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana, SE.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri juga meninjau sekaligus membuka pintu air Saluran Sekunder Sentong I di Desa Sentong Kecamatan Krejengan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger