Headlines News :
Home » » Gapoktan Ujung Tombak Pembangunan Pertanian

Gapoktan Ujung Tombak Pembangunan Pertanian

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 01 Desember 2016
KRAKSAAN – Pembangunan pertanian sangat tergantung kepada Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA). Pembinaan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) merupakan upaya untuk membina SDM. Sebab kelompok tani ini merupakan ujung tombak dalam pembangunan pertanian.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian (BKP4) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono dalam penyerahan hadiah pemilihan dan penilaian Gapoktan berprestasi tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2016 dalam rangka peningkatan kelembagaan penyuluhan, Selasa (29/11/2016).

“Oleh karena itu, Gapoktan harus senantiasa melakukan pembinaan dalam rangka menerapkan inovasi yang dapat menunjang kegiatan pertanian. Salah satu wujud pembinaan ini dilakukan melalui lomba Gapoktan yang diikuti 24 kecamatan,” ujarnya.

Menurut Nanang, lomba ini dilakukan berkesinambungan tiap tahun secara terpadu mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Oleh karena itu, diharapkan pembinaan berkesinambungan ini bisa terus ditingkatkan.

“Harapannya kegiatan pertanian yang dikelola Gapoktan di Kabupaten Probolinggo selaku pelaku utama pembangunan bisa terus meningkat. Syaratnya peka terhadap perubahan inovasi dan dapat menerapkannya di lingkungan pertanian di wilayah kerjanya,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Pelaksana Penyuluhan BKP4 Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan lomba Gapoktan ini diikuti oleh 24 Gapoktan terbaik dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya mereka mengikuti sarasehan untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

“Dari 2 item itu ada beberapa aspek penilaian yang dilakukan dewan juri. Meliputi, aspek administrasi kelembagaan, aspek perencanaan kegiatan, aspek pelaksanaan fungsi, aspek pengembangan usaha serta aspek pembinaan dan pelaporan,” katanya.

Setelah melalui tahapan presentasi dan penilaian lapangan, juara I diraih Gapoktan Barokah Desa Opo-opo Kecamatan Krejengan, juara II diraih Gapoktan Rempuni Desa Ranuwurung Kecamatan Gading dan juara III diraih Gapoktan Sejahtera Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar.

Sementara juara harapan I diraih Gapoktan Harapan Jaya Desa Sumberduren Kecamatan Krucil dan juara harapan II diraih Gapoktan Cahaya Tani Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger