Headlines News :
Home » » Dispenduk Capil Sosialisasikan Perda

Dispenduk Capil Sosialisasikan Perda

Penulis : Dimas Bromo FM
Sabtu, 03 Desember 2016
GADING – Jumlah pengikut Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, yang menetap di padepokan terus bertambah. Kini,  tercatat ada sekitar 519 pengikut  yang tinggal di Padepokan di Dusun Cengkelek itu.

Karenanya, Jum’at (02/12/2016), Forkopimka Gading bersama Dinas Kependududkan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten  Probolinggo kembali menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008. Mereka menyampaikan  Perda tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan kepada para pengikut Padepokan  di Masjid Padepokan.

Camat Gading Slamet Hariyanto mengatakan, sesuai Perda Nomor 5/2008, para pengikut  Padepokan sudah melanggar. Dalam pasal 21 dan 22 dijelaskan, masyarakat pindah sementara wajih melapor dan mengajukan permohonan Surat  Keterangan Pindah Sementara  (SKPS) ke RT dan RW daerah  asal. Lalu, SKPS itu diajukan  pada kepala desa yang disahkan oleh camat daerah asal.

“Di daerah yang dituju, masyarakat itu harus melapor kedatangannya dengan membawa SKPS untuk mengajukan permohonan tinggal sementara (PTS). Masa berlaku SKPS itu  30 hari. Terakhir, PTS itu disahkan oleh camat,” ujarnya.

Namun, Slamet mengaku, meski melihat ada pelanggaran, pihaknya tidak bisa melakukan upaya paksa meminta mereka meninggalkan padepokan. Sebab, pihak dari pemerintahan sifatnya hanya mengimbau. Soal jumlah pengikut yang menetap terus bertambah, Slamet mengatakan, data terakhir jumlah pengikut yang tinggal di Padepokan sekitar 519 orang. Jumlah  itu lebih banyak dibanding bulan kemarin.

“Ada pengikut yang pulang pergi, tapi yang menetap ada sekitar 519 orang. Mereka  tinggal di 55 tenda yang ada di padepokan,” ujarnya.

Jumlah itu jelas lebih banyak dibanding beberapa hari lalu. Informasinya, sehari setelah penggerebekan dan penangkapan Dimas Kanjeng pada 22   September 2016, didata ada sekitar 200 orang yang menetap. Pekan kemarin, bertambah menjadi 390 orang. Nah, kini mencapai 519 orang. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger