Headlines News :
Home » » Stok Blangko E-KTP Kosong

Stok Blangko E-KTP Kosong

Penulis : Dimas Bromo FM
Rabu, 16 November 2016
DRINGU – Pelayanan pembuatan KTP elektronik atau e-KTP kembali bermasalah. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo, kehabisan stok blangko e-KTP. Akibatnya, Dispendukcapil hanya menerima pelayanan perekaman e-KTP.

Data yang dihimpun menyebutkan, dari jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo yang  mencapai 1.226.304 jiwa, tercatat yang  wajib e-KTP sebanyak 926.862 jiwa. Dari jumlah total warga yang wajib e-KTP, yang sudah melakukan perekaman mencapai 785.659 jiwa. Sementara, sisanya sekitar 141.209 jiwa, belum melakukan perekaman.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Erlin Setiawati membenarkan perihal habisnya stok blangko e-KTP. Hal itu terjadi lantaran stok blangko yang ada di pemerintah pusat juga habis. Sehingga, pihaknya yang sudah mengajukan blangko pada Oktober lalu, tidak dapat kiriman blangko.

“Iya blangko e-KTP habis stoknya. Pusat juga kehabisan, jadi semua daerah juga mengalami hal yang sama,” katanya. Erlin menjelaskan, Dirjen Dukcapil sudah menyampaikan soal kehabisan stok blangko e-KTP tersebut.

Informasi yang diterima daerah, habisnya  stok itu disebabkan tidak adanya perusahaan yang memenuhi syarat administratif dan uji teknis lelang blangko e-KTP. Sehingga, proyek tersebut dinyatakan gagal lelang.

“Sesuai petunjuk dari Dirjen Dukcapil, yang didasarkan pada UU Adminduk dan UU Pilkada, sampai dengan tersedianya blangko e-KTP, tetap dapat diterbitkan surat keterangan oleh Dispendukcapil. Jadi, untuk sementara surat keterangan dari Dispendukcapil,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya tetap menerima pelayanan pembuatan e-KTP. Namun, hanya sebatas perekaman e-KTP. Sehingga, saat blangko e-KTP sudah tersedia, maka pihaknya tinggal mencetak seluruh data warga yang telah melakukan perekaman. Karenanya, masyarakat  diimbau tetap melakukan perekaman  e-KTP. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger