Headlines News :
Home » » Sehat Itu Mahal

Sehat Itu Mahal

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 08 November 2016
KURIPAN – Tugas bidan adalah melaksanakan kegiatan di desa di wilayahnya berdasarkan urutan prioritas masalah kesehatan yang dihadapi, sesuai kewenangan yang dimiliki dan diberikan. Meliputi, menangani persalinan, pemberian kontrasepsi dan pengayoman medis KB.

Hal tersebut disampaikan Bidan Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Leni Puji Wibiati. “Selain itu ada beberapa kegiatan lain, serta menggerakkan dan membina masyarakat desa di wilayah kerja agar tumbuh kesadaran untuk berperilaku hidup sehat,” katanya.

Perempuan kelahiran Probolinggo, 30 Desember 1983 ini ini menjelaskan, kunci sukses menjadi bidan itu adalah sabar dan fokus melayani masyarakat, berdoa dan yang terpenting mendapat dukungan dari keluarga.

“Sehat itu mahal, oleh karena itu saya mendorong masyarakat untuk perperilaku hidup sehat. Harapannya ke depan, bidan mampu membantu menurunkan AKI dan AKB,” jelasnya.

Anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Abdul Sahak dan Yuni Ratmiati mengaku, motivasinya menjadi bidan adalah ingin membantu dan bisa bermanfaat untuk masyarakat terutama kaum wanita.

“Ada suka dan duka yang saya rasakan selama menjadi bidan. Sukanya bisa membantu masyarakat dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Dukanya, kadang kala keluarga terabaikan saat sudah membantu pasien. Kadang anak sendiri sakit pun tidak terurus demi tugas sebagai bidan menyelamatkan ibu dan bayi saat persalinan,” tegasnya.

Istri Erie Kurniawan ini memiliki pengalaman yang paling berkesan saat mengandung anak kedua. Di mana saat itu usia kandungannya masuk 8 bulan dan membantu persalinan yang agak sulit. Dengan kondisi persalinan distosia bahu, ia mengaku, lupa kalau di dalam perutnya juga ada bayi yang sampai kena tendangan pasien.

“Tapi alhamdulillah, bayi bisa lahir dengan selamat dan bayi dalam kandungan saya juga tidak ada masalah. Intinya keselamatan diri sendiri itu nomor dua. Yang ada di pikiran kita hanya pasien bisa melahirkan dengan selamat,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger