Headlines News :
Home » » Seratus Siswa SMP-SMA/SMK Dilatih Fotografi Jurnalistik

Seratus Siswa SMP-SMA/SMK Dilatih Fotografi Jurnalistik

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 28 November 2016

KRAKSAAN – Sedikitnya 100 orang siswa SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan fotografi jurnalistik dari Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Setda Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo di SMP Hati Bilingual Boarding School (BBS) Kraksaan, Sabtu dan Minggu (26-27/11/2016).

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo ini dihadiri narasumber Kepala SMP Hati BBS Kraksaan Fathur Rosi tentang Leadership dan Fotografer Jawa Pos Radar Bromo Zainal Arifin tentang Teknik-teknik Fotografi.

Kabag Kominfo Yulius Christian mengungkapkan saat ini banyak sekali masyarakat bahkan siswa mengkonsumsi dan mengupload foto melalui berbagai media, baik media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp (WA), majalah atau koran.

“Akan tahu banyak yang tidak tahu bagaimana membuat foto dan memanfaatkannya di media dengan baik, bijak, produktif dan sehat. Untuk itulah saat ini diberikan ilmu, teori dan praktek serta pengalaman bagaimana menghasilkan foto yang mempunyai nilai dan berbicara sehingga bisa dipublikasikan,” katanya.

Sementara Kepala Dispendik Tutug Edi Utomo mengungkapkan foto yang baik adalah foto yang bercerita. “Oleh karena itu, bayangkan saat akan membidik foto supaya bisa menjadi foto berbicara dan memiliki nilai jurnalistik,” katanya.

Diakhir pelatihan, para peserta langsung praktek fotografi jurnalistik membidik objek yang ada di sekitar SMP Hati BBS Kraksaan. Praktek sendiri dilakukan mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB. Selanjutnya hasil foto diserahkan panitia untuk dinilai dan dipilih 3 (tiga) foto terbaik SMA dan 2 (dua) foto terbaik SMP.

Antusiasme para peserta begitu terasa. Masjid Bin Aminuddin, gedung SMP Hati BBS hingga persawahan di depan SMP menjadi objek sasaran foto peserta. Mereka juga mengabadikan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang digelar di halaman SMP Hati BBS.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Hasan memberikan motivasi pada siswa yang ikut pelatihan agar memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dengan positif.

“Gunakan alat itu dengan bermanfaat, jangan digunakan untuk hal-hal negatif. Generasi muda sebagai calon pemimpin harus berpijak, berhati-hati dan waspada dengan kemajuan zaman yang dapat merusak akhlak serta perilaku jika salah melangkah,” katanya.

Dari hasil praktek itu, panitia akhirnya menetapkan lima karya foto terbaik. Juara 1 diraih Andika dari SMKN 1 Gending, juara 2 diraih Miftahur Rohman dari SMP Hati BBS, juara 3 diraih Fitri dari SMPN 1 Kraksaan, juara 4 diraih Fian dari SMKN 2 Kraksaan dan juara 5 diraih Nur Abdur Rohman dari SMPN 1 Kraksaan. Selain itu juga ada juara lomba foto anggar via WA yang diraih Nur Abdur Rohman dari SMPN 1 Kraksaan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger