Headlines News :
Home » » Pemkab Gelar Workshop Pendidikan Inklusif

Pemkab Gelar Workshop Pendidikan Inklusif

Penulis : Syamsul Akbar
Jum'at, 25 November 2016
KRAKSAAN – Sebagai tindaklanjut dari deklarasi pendidikan inklusif yang dilakukan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar workshop pendidikan inklusif, Selasa hingga Kamis (22-24/11/2016).

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi berbeda. Untuk Kepala Sekolah di SDN Patokan 2 Kecamatan Kraksaan, Pengawas di SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan serta Guru Pendamping Khusus (GPK) di SDN Sukokerto 1 Kecamatan Pajarakan. Masing-masing lokasi diikuti oleh 38 orang peserta.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo melalui Kasi SD Roy Iskandar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggara pendidikan inklusif yang berada di 38 lembaga di Kabupaten Probolinggo meliputi 4 TK, 28 SD, 4 SMP dan 2 SMA.

“Selain itu, meningkatkan pemahaman dan penatakelolaan penyelenggara pendidikan inklusif. Karena pendidikan inklusif ini diperuntukkan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang sekolah di sekolah reguler,” katanya.

Meskipun sekolahnya kumpul dengan siswa reguler jelas Roy, tetapi aksesibilitas benar-benar disiapkan. Terutama pemahaman guru agar ABK bisa mandiri dan tidak selalu bergantung kepada orang lain.

“Dengan berada di sekolah reguler, maka suasana persaingan belajar akan lebih tajam. Sehingga diharapkan anak berkebutuhan khusus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu. Berbeda jika mereka berada di sekolah khusus dan berkumpul bersama-sama dengan anak berkebutuhan khusus yang lain,” tegasnya.

Dalam workshop ini, para peserta mendapatkan materi dari beberapa narasumber terdiri dari Pengawas PKLK Provinsi Jawa Timur Kustiatun Widianingtias, Tim Pengembangan Inklusif Kabupaten Sidoarjo Harum Kawaludin, Kepala SLBN Gending Wulandoko, Kepala SLBN Kraksaan Ami Rusmini serta Kepala SLB Dharma Asih Kraksaan Isa Abib Yakup. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger