Headlines News :
Home » » Kerahkan Empat SSK Amankan Sidang Perdana Pembunuhan Gani-Ismail

Kerahkan Empat SSK Amankan Sidang Perdana Pembunuhan Gani-Ismail

Penulis : Dimas Bromo FM
Rabu, 2 Oktober 2016
KRAKSAAN – Proses hukum tujuh terdakwa kasus pembunuhan terhadap korban eks dua Sultan Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi, Abdul Gani dan Ismail Hidayah bakal memasuki babak baru. Ketujuh terdakwa, bakal disidang di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan, Kamis (3/11/2016) besok.

Rencananya, ketujuh terdakwa bakal  disidangkan bersamaan. Dengan alasan, pembacaaan dakwaan yang sama-sama didakwa dengan pasal berlapis. Yakni, pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, pasal 338 tentang Pembunuhan dan pasal 351 tentang Penganiayaan.

Wakil Ketua PN Kraksaan Yudistira Alfian yang juga menjabat Humas PN Kraksaan mengatakan, dalam pelimpahan berkas kasus pembunuhan yang menjerat terdakwa, ternyata dibedakan dua perkara. Satu perkara pembunuhan  terhadap Ismail dengan lima terdakwa. Serta, pembunuhan terhadap Abdul Gani dengan empat terdakwa.

 ”Ada dua terdakwa yang terlibat pada pembunuhan Ismail dan juga Abdul Gani. Yakni, Wahyu Wijaya dan Achmad Suryono,” kata Yudistira. Ketujuh tersangka yang dimaksud adalah Wahyu Wijaya, Wahyudi, Kurniadi, Achmad Suryono, Mishal Budianto alias Sahal, Tukijan, dan Samsudi alias Suari.

Yudistira menjelaskan, dalam perkara pembunuhan terhadap  mantan pengikut padepokan itu, pihaknya sudah menentukan jadwal sidang. Yakni, Kamis (3/11/2016). Sidang pembunuhan terhadap Ismail diketuai oleh Majelis Hakim Muhammad Safrudin Prawira Negara dengan anggota  Anisa Primadona dan Yudistira Alfian.

”Kalau sidang pembunuhan Abdul Gani, ketua majelisnya saya sendiri. Anggotanya, Muhammad Safrudin Prawira Negara dan Anisa Primadona,”  terangnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Probolinggo Edy Sumarno mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan penetapan jadwal sidang perdana ketujuh tersangka tersebut. Pihaknya, juga sudah koordinasi dengan pihak kepolisian, terkait untuk pengamanannya. ”Sidang pembunuhan itu siap digelar Kamis besok,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin saat dikonfirmasi mengatakan, siap mengamankan pelaksanaan sidang tujuh tersangka kasus pembunuhan terhadap Abdul Gani dan Ismail yang diprediksi rawan.

Oleh karena itu, mengantipasi terjadinya kerawanan itu, pihaknya pun sudah merencanakan mengerahkan 4 satuan setingkat kompi  (SSK) untuk pengamanan. ”Nanti, kami akan kerahkan 4 SSK, separo Brimob dan separo lagi personel dari Polres sini (Probolinggo),” katanya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger