Headlines News :
Home » » Kecamatan Paiton Juara Festival Buah dan Sayur 2016

Kecamatan Paiton Juara Festival Buah dan Sayur 2016

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 24 November 2016

DRINGU – Kecamatan Paiton akhirnya terpilih sebagai juara 1 Festival Buah dan Sayur dalam Gelar Produk Unggulan yang digelar Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo di lapangan apel lingkungan Diklat Kabupaten Probolinggo, Kamis (24/11/2016).

Selanjutnya juara 2 diraih Kecamatan Sukapura, juara 3 diraih Kecamatan Tegalsiwalan, juara harapan 1 diraih Kecamatan Krucil dan juara harapan 2 diraih Kecamatan Besuk.

Kegiatan yang mengambil tema “Penanganan Pasca Panen Guna Peningkatan Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Nilai Ekonomis Komoditas Hortikultura” ini diikuti kelompok tani (poktan) dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Produk unggulan (buah dan sayur) yang ditampilkan adalah hasil pertanian yang mudah didapat di daerah masing-masing serta memiliki potensi dikembangkan dan menjadi produk unggulan daerah. Sampling produk unggulan ini diserahkan ke tenda panitia untuk dinilai disertai daya pendukung lainnya.

Kepala Dispertan Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan bahwa pihaknya ingin terus mendorong inovasi sehingga petani berkreasi mengisi pembangunan dari lini keahliannya sektor pertanian.

“Saya berharap petani bisa saling tukar informasi, karena itu adalah penting. Oleh karena itulah perlunya ada ajang festival buah dan sayur semacam ini. Pemerintah Daerah selalu berusaha mendorong agar produk dari kelompok tani sudah mulai menghasilkam buah dan sayur yang berkualitas, tidak kalah hebat dari yang tersedia di supermarket,” katanya.

Menurut Hasyim, pihaknya juga selalu mengevaluasi hasil kinerja kelompok tani. Ke depan masing-masing wilayah harus ada komoditas pertanian spesifik (khas dan beda dari daerah lain).

“Kami harap poktan dan gapoktan bisa termotivasi dengan perkembangan wilayah lain. Kami juga menghimbau agar masyarakat bisa memaksimalkan tanaman kebutuhan sehari-hari dalam pot. Dengan demikian, setidaknya jika harga komoditas mahal masih bisa dipenuhi sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasyim menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mengali dan mengembangkan potensi produk unggulan pada tiap kecamatan, memacu kelompok tani pada masing-masing kecamatan untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas serta meningkatkan jumlah produksi sehingga akan dapat meningkatkan nilai ekonomis produk pertanian.

“Selain itu, memperkenalkan produk unggulan Kabupaten Probolinggo kepada masyarakat umum melalui pameran dan penjualan produk sayur dan buah berkualitas baik dengan harga murah,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger