Headlines News :
Home » » Filter Gas Meledak, 3 Karyawan Luka Bakar

Filter Gas Meledak, 3 Karyawan Luka Bakar

Penulis : Dimaz Bromo FM
Rabu, 09 November 2016
PAITON – Kepanikan melanda karyawan CV Surya Candi Gas, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Selasa (8/11/2016). Itu,  setelah filter pengisian gas ke tabung gas  meledak. Akibat peristiwa ini, tiga karyawan mengalami luka dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Rizani, Paiton.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, peristiwa ini terjadi pukul 13.30. Saat itu, 3 karyawan ada di tempat produksi CV yang bergerak di bidang jual beli gas untuk bahan las. Ketiga karyawan itu sedang mengisi tabung gas yang akan digunakan untuk bahan las.

Gas untuk pengisian tabung berasal dari uap karbit. Namun, tiba-tiba filter pengisian gas meledak dan mengenai 3 karyawan tersebut. Yaitu, Gani, 40 dan Yanto, 39, keduanya  warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton.  Dan, Totok Suharyo, warga Desa Talkandang,  Kecamatan Paiton.

Kena ledakan, tiga karyawan itu sempat tidak sadarkan diri. Ketiganya juga mengalami sejumlah luka bakar. Gani, luka bakar pada kaki kanan. Lalu, Yanto, luka bakar pada pergelangan tangan kanan. Serta, Totok Suharyo, luka bakar pada bagian kepalanya.

Beruntung, rekan-rekannya sesama karyawan CV Surya Candi Gas, langsung datang dan memberikan pertolongan. Tutus, 30, karyawan setempat mengatakan, kecelakaan itu terjadi tiba-tiba.

“Tiba-tiba saja, saya mendengar seperti  suara ledakan yang sangat keras dari dalam pabrik. Saat itu juga, saya bersama kedua teman saya langsung masuk. Di dalam kami lihat ada kobaran api,” katanya.

Setelah dicek, ternyata ketiga rekannya sudah tergeletak pingsan. Dia pun langsung melaporkan peristiwa ini ke Polsek Paiton. Tidak lama kemudian, petugas Polsek Paiton sampai di lokasi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 atau satu jam setelah ledakan.

Kapolsek Paiton AKP Riduwan saat  dikonfirmasi menjelaskan, penyebab ledakan  diduga karena ada gesekan antara besi saat ketiga karyawan proses penyambungkan filter pengisian dan tabung gas. Akibatnya, gesekan itu menimbulkan percikan api dan kemudian terjadi ledakan.

“Dugaan sementara, penyebab ledakan karena adanya gesekan pada besi. Namun, kami masih mendalami lebih lanjut pada pemilik dan saksi,” jelas mantan Kapolsek Dringu ini.  Kobaran api sendiri menurut Kapolsek, hanya membakar filter pengisian gas. Kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 20 juta akibat peristiwa ini. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger