Headlines News :
Home » » Bupati Minta Masyarakat Tetap Waspada Bencana

Bupati Minta Masyarakat Tetap Waspada Bencana

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 09 November 2016
GENDING – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si memantau dari dekat kondisi korban bencana angin puting beliung di Desa Bulang dan Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending, Rabu (9/11/2016) sore.

Dalam pemantauan yang diikuti oleh sejumlah Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo tersebut, Bupati Tantri dan suaminya Hasan Aminuddin memberikan bantuan kepada para korban bencana angin puting beliung.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengungkapkan hingga akhir Nopember 2016 mendatang, Kabupaten Probolinggo masih berstatus siaga bencana. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk tetap waspada. Sebab hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi seperti di Desa Bulang dan Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending.

“Saya memberikan apresiasi atas langkah dan koordinasi yang dilakukan Forkopimka Gending yang sangat cepat merespon pasca adanya bencana angin puting beliung di Desa Bulang dan Brumbungan Lor ini,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, dalam penanganan bencana ini TNI-Polri dan masyarakat langsung melakukan evakuasi dengan mengalihkan tempat tinggal ke rumah saudaranya yang lebih aman.

“Tanpa diperintah, TNI-Polri bersama masyarakat sudah bergotong royong membersihkan ranting pohon yang tumbang dan rumah yang rusak,” tegasnya.

Bupati Tantri menegaskan bahwa kedatangannya bertujuan untuk melihat langsung kondisi korban akibat angin kencang tersebut. Sekaligus memberikan bantuan kepada korban sehingga bisa memperbaiki kerusakan.

“Bantuan ini sifatnya untuk membantu agar masyarakat bisa memperbaiki rumahnya yang rusak. Besarnya bantuan sesuai dengan estimasi kerusakan,” tambahnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati meskipun kondisi saat ini masih jarang hujan, khususnya kesehatan anak. Sebab kejadian seperti sekarang ini biasanya diiringi penyakit, tifus, influensa dan lainnya. “Tetap waspada, ketika terjadi sesuatu yang pertama kali dilakukan adalah keselamatan diri dibandingkan dengan yang lainnya,” pungkasnya.

Peristiwa angin puting beliung sendiri melanda Desa Bulang dan Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending, Jum’at (4/11/2016) sore. Dari kejadian tersebut, 24 rumah warga mengalami kerusakan dengan total kerugian mencapai Rp 188 juta. Rinciannya, 9 (sembilan) rumah di Desa Bulang dan 15 rumah di Desa Brumbungan Lor. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger