Headlines News :
Home » » Warga Alasnyiur-TNI Kerja Bakti Buat Jalan Baru

Warga Alasnyiur-TNI Kerja Bakti Buat Jalan Baru

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 31 Oktober 2016
BESUK – Sedikitnya 200 orang warga Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk bersama puluhan personil TNI dari Koramil 0820/14 Besuk, Senin (31/10/2016) melakukan kerja bakti dan gotong royong berupa pembuatan jalan baru ke makam umum Saudin di Dusun Masjid RT 08 RW 02. Kerja bakti ini dimulai pada pukul 06.00 pagi dengan diikuti segenap lapisan masyarakat.

Pembuatan jalan sepanjang 45 meter dan lebar 2,5 meter ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri dan Plh Danramil 0820/14 Besuk Peltu Sudarsono. Secara bergantian mereka menggali tanah yang ada di sisi jalan dan mengangkutnya sebagai tanah urukan jalan baru yang sudah dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT).

Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri mengungkapkan sebelum jalan baru ini dbuat, warga yang akan menuju ke makam umum Saudin harus berjalan memutar melewati jalanan yang sempit dan licin pada waktu hujan. Namun setelah adanya jalan baru ini, masyarakat bisa langsung menuju ke makam melalui akses jalan raya.

“Untuk TPT saja, pembangunan jalan baru ke makam umum ini menghabiskan dana sebesar Rp 40 juta dari alokasi Dana Desa (DD). Dan semua pembangunannya dilakukan dengan sistem swadaya dan swakelola dengan keterlibatan masyarakat,” katanya.

Menurut Hasan Basri, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya gotong royong sekaligus usaha pemberdayaan swakelola pembangunan desa. Disamping untuk mempercepat akses pembangunan jalan baru menuju ke makam umum desa.

“Melalui kegiatan ini saya berharap ke depannya masyarakat bisa lebih bersemangat dalam melakukan gotong royong. Sebab tidak ada yang tidak mungkin jika dikerjakan bersama-sama. Intinya bagaimana masyarakat bisa mendukung pembangunan agar lebih maju dan sejahtera,” tegasnya.

Sementara Plh Danramil 0820/14 Besuk Peltu Sudarsono mengatakan bahwa keterlibatan personil TNI dalam kegiatan ini adalah untuk membantu meringankan pekerjaan masyarakat. Sekaligus penyemangat agar pembangunan jalan baru ini bisa cepat selesai dan segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Antusias masyarakat dalam mengikuti kerja bakti ini sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa semangat gotong royong masyarakat masih cukup tinggi. Memang tujuan kami adalah ingin memancing masyarakat agar menggelorakan kembali budaya gotong royong,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger