Headlines News :
Home » » Percantik Ranu Segaran, Tambah 6 Sepeda Air

Percantik Ranu Segaran, Tambah 6 Sepeda Air

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 23 Oktober 2016
TIRIS - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo terus berupaya menambah daya tarik wisata di semua destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo. Mulai dari sarana dan prasarana hingga fasilitas wisata.

Salah satunya dengan menambah sarana berupa sepeda air yang berasal dari bantuan enam sepeda air dari lima Corporate Sosial Responsilibity (CSR) perbankan meliputi BNI, BRI, Bukopin, dan Bank Mandiri.

“Penambahan ini dilakukan untuk mempercantik wahana dan daya tarik wisata di Ranu Segaran Kecamatan Tiris. Dengan adanya penambahan ini, sudah ada 10 unit sepeda air di Ranu Segaran,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto.

Tidak hanya itu, Disbudpar juga membina pengelola Ranu Segaran, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ranu Segaran, Pokdarwis Ranu Agung, Pokdarwis Andungbiru dan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Wringin Indah.

“Pembinaan ini agar pelaksanaan Sapta Pesona bisa dilaksanakan oleh Pokdarwis. Mulai dari Aman, Bersih, Indah, Tertib, Rapi, Ramah dan Kenangan,” jelasnya.

Menurut Anung, masyarakat bisa langsung memanfaatkan fasilitas dan sarana tersebut dengan membayar tarif sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 21 Tahun 2014 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, Tempat Penginapan/Pesanggrahan/Villa, Rumah Potong Hewan, Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Probolinggo.

“Dalam Perbup ini disebutkan, tiket masuk Ranu Segaran sebesar Rp 2.000. Masyarakat juga bisa memanfaatkan sarana dan fasilitas sepeda air tanpa mesin dengan tarif Rp 4.000 selama 15 menit dan perahu mesin Rp 5.000 selama 15 menit,” jelasnya.

Dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), jelas Anung, maka diharapkan bantuan CSR perusahaan yang peduli wisata demi menambah DTW pada destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo. “Karena kenyataannya, pengembangan pariwisata tidak bisa lepas dari bantuan dari instansi terkait dan bantuan CSR perusahaan,” tegasnya.

Anung menambahkan, dengan adanya penambahan sarana sepeda air ini maka pengunjung tidak hanya menikmati wisata alam saja tetapi juga bisa mengendarai sepeda air. “Mudah-mudahan penambahan sepeda air ini akan semakin menggairahkan pengunjung menuju Ranu Segaran. Terlebih disana juga sudah dilengkapi sarana jogging track, taman buah-buahan, aneka souvenir dan lain sebagainya,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger