Headlines News :
Home » » Pemkab Latih Pengurus dan Pengawas Koperasi

Pemkab Latih Pengurus dan Pengawas Koperasi

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 13/10/2016

KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan pelatihan kepada pengurus dan pengawas koperasi, Rabu dan Kamis (12-13/10/2016) di Pondok ES-HA Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan.

Pelatihan yang menghadirkan narasumber Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya ini diikuti oleh 43 peserta dari pengurus dan pengawas KPRI di Kabupaten Probolinggo. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi tentang akuntansi dan pengawasan seorang pengawas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono melalui Kasi Kelembagaan Erna Dewi Ninuk Setiawati mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pengawas koperasi tentang tugas pokok, fungsi dan kewajibannya kepada koperasi.

“Kegiatan ini bisa dibilang seperti study kasus, dimana didalamnya para pengawas kita berikan pemahaman cara-cara melakukan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang dapat memaksimalkan temuan manakala terjadi penyalahgunaan dana KPRI,” katanya.

Menurut Erna, pelatihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas koperasi. Sebab selama ini pengawas selalu mengikuti apa saja kemauan dari para pengurus koperasi. Padahal dalam kenyataannya, kedudukan pengawas berada di atas pengurus.

“Meskipun itu atasan kita, namun karena berada dalam wadah koperasi maka pengawas harus bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya mengawasi jalannya pengelolaannya koperasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Erna menghimbau kepada para pengawas untuk terus dilakukan pengawasan eksternal supaya dana yang dikelola KPRI itu tidak ada penyelewengan sehingga kualitas koperasi bisa lebih maju lagi. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger