Headlines News :
Home » » Pemkab Deklarasi Kecamatan Layak Anak

Pemkab Deklarasi Kecamatan Layak Anak

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 27 Oktober 2016
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) melakukan deklarasi Kecamatan Layak Anak di Pendopo Kecamatan Kraksaan, Kamis (27/10/2016). Kegiatan ini mengambil tema “Setulus Hati Mewujudkan Anak-anak Kabupaten Probolinggo yang Berkarakter, Sehat, Cerdas, Ceria dan Berakhlak Mulia”.

Deklarasi ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kasubbid Pemberdayaan Lembaga Masyarakat BPPKB Provinsi Jawa Timur Heru Indra Triono serta sejumlah SKPD dan Forkopimka Kraksaan.

Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen perangkat daerah yang tergabung dalam Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) terkait dengan pemenuhan hak-hak anak yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal serta terpenuhinya 31 indikator KLA dengan membentuk Forum Anak Tingkat Kecamatan (Kecamatan Kraksaan, Paiton, Besuk dan Krejengan),” katanya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan partisipasi anak merupakan salah satu hak dasar yang harus senantiasa didukung agar mereka dapat optimal memberikan cara pandang dan perannya dalam pembangunan daerah.

“Pemkab Probolinggo sangat berkomitmen dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga pada tahun 2015 Kabupaten Probolinggo mendeklarasikan Kabupaten Probolinggo menuju Kabupaten Layak Anak,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, implementasi deklarasi Kecamatan Layak Anak ini harus dilakukan dengan konsen dan terintegrasi. Untuk mewujudkan hal itu, harus ada komitmen dari semua pihak sehingga tidak hanya wacana saja.

“Harus ada keseimbangan antara kebutuhan anak dengan ruang anak untuk berkreasi. Ayo kita komitmen memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspresi agar bisa menyibukkan diri sehingga tidak tersentuh hal-hal negatif,” tegasnya.

Dalam kegiatan yang juga diisi dengan Seminar Remaja oleh narasumber Ustad Yosi Al Muzani ini, diserahkan piagam penghargaan kepada pemenang Kecamatan Sayang Ibu, pemberian akte kelahiran anak serta penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Tari Boneka Sarina.

Deklarasi Kecamatan Layak Anak ini diikuti oleh 250 orang peserta dari sejumlah SKPD, organisasi perempuan (PKK dan DWP) dan TP PKK Kecamatan Kraksaan, Pemerhati Anak, Forum Anak Kecamatan Kraksaan, Paiton, Besuk dan Krejengan serta Forum Anak Kabupaten Probolinggo. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger