Headlines News :
Home » , » Harus Tanamkan Nilai Moral

Harus Tanamkan Nilai Moral

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 15/10/2016
TONGAS – Sejak 1 Juli 2005 lalu, Ayu Kurniasari ditugaskan sebagai guru di SDN Sumendi 1, Kecamatan Tongas. Selama bertugas, istri Eko Budiono ini mengaku, bangga dan puas saat anak didiknya berkembang dan mengalami perubahan yang lebih baik dalam akhlak dan prestasi.

“Tetapi saya merasa sangat sedih tatkala melihat anak didik putus sekolah karena harus bekerja menghidupi kelurganya. Atau tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena harus menikah di usia dini,” katanya.

Perempuan kelahiran Probolinggo, 6 September 1983 ini mengaku, tugas guru bukan hanya mengajar atau memberikan materi akademik saja. Tetapi seorang guru juga harus menanamkan nilai-nilai moral yang berkualitas dan kebiasaan yang baik.

“Guru harus sabar dan telaten dalam mengasah anak-anak didiknya. Bukan anak didik yang harus mengikuti keinginan kita yang terkesan otoriter. Tetapi kita yang harus memahami dan mengerti dunia anak yang unik, mempelajari dan memahami sisi psikologis mereka. Tetapi harus ada pendisiplinan dan batasan-batasan yang kita berikan agar mereka tetap terarah,” jelasnya.

Anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Sanamun dan Supaidah ini mengaku, termotivasi menjadi guru karena ingin anak didiknya berkembang dengan baik sesuai dengan potensi positif yang mereka miliki. Mereka tetap bermain dan menikmati dunia masa kecilnya tapi mereka harus tumbuh menjadi pribadi yang berpengetahuan mumpuni dan berkarakter.

“Kunci sukses guru, dream, decision, desire and do it!!.. Saya mempunyai mimpi menjadi seorang guru. Saat impian tercapai, saya harus siap dengan keputusan yang saya ambil. Saya mempunyai keinginan dan saya harus konsisten melakukannya,” terangnya.

Guru yang hobi membaca novel ini menegaskan, masih banyak tantangan dan “PR” (pekerjaan rumah) yang harus dihadapi di dunia pendidikan. Oleh karena itu harus selalu semangat, berdoa dan memiliki motivasi tinggi dalam menjalankan tugas yang mulia ini.

“Alhamdulillah, setiap hari dan semua peristiwa baik itu suka atau duka yang saya alami di sekolah, menjadi pengalaman yang berkesan. Berinteraksi dengan siswa, masalah dan cerita mereka yang berbeda tiap harinya adalah hal yang menarik, mengesankan bahkan menjadi pembelajaran bagi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger