Headlines News :
Home » » GOPTKI-Dispendik Gelar Lomba Tari Boneka Sarina

GOPTKI-Dispendik Gelar Lomba Tari Boneka Sarina

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 26 Oktober 2016
GENDING – Dalam rangka meningkatkan kreatifitas pendidik dan peserta didik TK/RA di bidang seni tari yang merupakan upaya menumbuhkan karakter untuk mencintai budaya bangsa, DPC GOPTKI Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar Lomba Tari Boneka Sarina di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (26/10/2016).

Lomba yang diikuti oleh 26 kelompok TK/RA perwakilan dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Probolinggo Hj. Yuni Nawi, Kepala Bidang TK/SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin serta Ketua Ranting GOPTKI se-Kabupaten Probolinggo.

Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Probolinggo Hj. Yuni Nawi mengungkapkan bahwa dari gerakan tari ini guru TK/RA bisa memberikan contoh kepada anak didiknya. Disinilah seorang guru dan anak didik bisa memaknai gerakan Tari Boneka Sarina ini.

“Kegiatan ini digelar dengan tujuan ingin melestarikan budaya seni tari, khususnya yang ada di Kabupaten Probolinggo. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada kita semua,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang TK/SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin menyampaikan bahwa lomba Tari Boneka Sarina ini menampilkan kolaborasi antara guru TK/RA dengan anak didiknya.

“Dimana tujuannya agar anak didik mendapatkan pembelajaran kreatifitas sehingga anak dapat merekam sampai usia dewasa apa yang diberikan gurunya. Setidaknya nanti bisa membekas diingatan anak-anak didik,” katanya.

Dalam lomba ini, pada tiap kali penampilan tampil 2 (dua) kelompok diatas panggung. Mereka dinilai dari segi kemampuan gerak, kemampuan mengikuti irama, ekspresi, rias busana dan pola lantai.

Setelah melalui tahap penilaian dari 3 (tiga) dewan juri, TK Kecamatan Kraksaan akhirnya tampil sebagai juara pertama, disusul TK Kecamatan Dringu sebagai juara kedua dan TK Kecamatan Leces sebagai juara ketiga. Selanjutnya TK Kecamatan Lumbang sebagai juara harapan 1, disusul TK Kecamatan Sukapura sebagai juara harapan 2 dan TK Kecamatan Wonomerto sebagai juara harapan ketiga.

Disamping itu juga ada 4 (empat) nominasi diantaranya TK Kecamatan Tegalsiwalan, TK Kecamatan Sumberasih, TK Kecamatan Paiton dan TK Kecamatan Tongas. Masing-masing juara dan nominasi mendapatkan tropy, piagam penghargaan serta uang pembinaan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger