Headlines News :
Home » » Dispenda Sosialisasikan Retribusi Menara Telekomunikasi

Dispenda Sosialisasikan Retribusi Menara Telekomunikasi

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 13/10/2016


SUMBERASIH – Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi retribusi menara telekomunikasi di RM Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Kamis (13/10/2016).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pajak Daerah Lain, Retribusi Daerah dan Lain-lain Pendapatan Dispenda Kabupaten Probolinggo Asep Chairul Saleh ini diikuti peserta dari unsur SKPD terkait, perwakilan pemilik menara telekomunikasi serta narasumber dari CV Delta Consultant sebagai rekanan dalam penyusunan Kajian Perhitungan Tarif Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Dalam sambutannya Asep Chairul Saleh mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Probolinggo Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Penataan, Pengendalian dan Retribusi Menara Telekomunikasi di Kabupaten Probolinggo.

“Serta perhitungan besaran tarif retribusi pengendalian menara telekomunikasi. Tujuannya agar SKPD dan pemilik menara mempunyai persepsi yang sama tentang retribusi ini sehingga bisa dilaksanakan secara baik dan benar,” katanya.

Menurut Asep, menara telekomunikasi merupakan salah satu infrastruktur pendukung utama dalam penyelenggaraan telekomunikasi seluler yang memerlukan ketersediaan lahan, bangunan dan ruang udara.

“Pertumbuhan pembangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Probolinggo bisa dibilang pesat. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan industri, teknologi dan pasar telekomunikasi seluler yang cukup pesat,” jelasnya.

Asep menegaskan bahwa Pemkab Probolinggo sudah menjalankan fungsi pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi berdasarkan Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Yakni pemanfaatan ruang menara telekomunikasi, maka Pemkab Probolinggo bisa memungut retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

“Pelaksanaan perhitungan tarif retribusi pengendalian menara telekomunikasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari retribusi pengendalian menara telekomunikasi,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger