Headlines News :
Home » » Diskanla Bina Pengukuhan Kelompok

Diskanla Bina Pengukuhan Kelompok

Penulis :Wawan Bromo FM
Jum'at, 21 Oktober 2016
DRINGU - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo membina sejumlah kelompok masyarakat di KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/10/2016). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi.

Kegiatan itu diikuti 12 Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan), 12 Kelompok Pengolah dan Pemasaran (Poklahsar) dan 12 Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kabupaten Probolinggo.

“Kelompok hasil perikanan yang dikukuhkan ini adalah kelompok dari tingkat pemula ke madya. Sebab kelompok hasil perikanan itu bisa menjadi pemula setelah 1 tahun berjalan dari pembentukan,” kata Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Penyuluhan dan Keterampilan Syafi’i.

Menurut Syafi’i, ada beberapa indikator yang harus ditingkatkan oleh kelompok perikanan agar bisa terus eksis dan naik kelas. Diantaranya, perencanaan, kemampuan berorganisasi, akses kelembagaan, kemampuan wirausaha serta kemandirian.

“Setiap tahun, kelompok perikanan rutin dilakukan penilaian. Jika jumlah skornya 0-350 maka masuk kelas pemula, jika skornya 351-750 maka masuk kelas madya dan jika skornya 751-1000 maka masuk kelas utama,” jelasnya.

Syafi’i menegaskan bahwa pengukuhan ini dimaksudkan sebagai langkah legalisasi kelompok masyarakat, sehingga nantinya akan memudahkan masyarakat yang tergabung dalam kelompok itu untuk berurusan dengan pembinaan pihak terkait. “Harapannya tentu kelompok bisa lebih eksis agar tahun depan bisa naik kelas,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger