Headlines News :
Home » » Cabang Dispendik Wonomerto Gelar Batik On The Street

Cabang Dispendik Wonomerto Gelar Batik On The Street

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 02/10/2016
WONOMERTO - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tahun 2016 dan Tahun Baru Islam 1438 H, Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Wonomerto bekerja sama dengan Dispendik Kabupaten Probolinggo menggelar Batik On The Street sekaligus santunan kepada 100 orang anak yatim di depan SMPN 1 Wonomerto, Minggu (2/10/2016) pagi.

Batik On The Street sendiri diikuti oleh 24 lembaga di lingkungan Cabang Dispendik Kecamatan Wonomerto. Serta partisipasi dari Cabang Dispendik Kuripan, Bantaran, Lumbang dan Sukapura.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug edi Utomo didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dispendik Kabupaten Probolinggo Hj. Amalia Tutug Edi Utomo, Kepala Cabang Dispendik Wonomerto Yunita Nur Laili dan para Kepala Sekolah se-Kecamatan Wonomerto.

Selain meninjau stand beberapa lembaga yang sedang menampilkan siswa dan gurunya membatik, dalam kesempatan tersebut Kepala Dispendik Tutug Edi Utomo didampingi Ketua DWP Dispendik Hj. Amalia Tutug Edi Utomo dan Kepala Cabang Dispendik Wonomerto Yunita Nur Laili ikut mencanting motif batik yang sudah disediakan.

Kepala Cabang Dispendik Wonomerto Yunita Nur Laili mengungkapkan kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini bertujuan untuk membantu melestarikan salah satu budaya batik yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Terlebih para guru dan siswanya sudah memiliki keahlian dan ketrampilan membatik.

“Kalau bukan kita siapa lagi, karena pergaulan generasi muda saat ini sangat mengkhawatirkan, apalagi jika tidak ada kontrol. Kebetulan kami juga mewajibkan batik menjadi kegiatan ektrakurikuler di lembaga. Salah satu yang menjadi kebanggan kami, karena membatik ini mampu dilakukan seluruh anak didik. Dimana mereka sudah mampu memproduksi seragam batik untuk lembaganya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan bahwa batik adalah salah satu karya seni yang diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Kegiatan ini sejalan dengan program Bupati Probolinggo berupa One School One Product. Produk itu bisa akademik maupun non akademik.

“Sesuai dengan Permedikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti, tumbuhkanlah budi pekerti siswa melalui ekspresi batik. Dimana semua peserta didik memiliki nilai ketrampilan. Banggalah dengan apa yang ada di sekolah, karena tidak didapatkan di tempat lain. Kepada guru, tetap berkarya dan menjadikan Kecamatan Wonomerto sebagai kecamatan batik,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

+ comments + 2 comments

October 3, 2016 at 11:59 PM

Lanjutkan...!!!
sukses selalu untuk Kacab Dispendik Kecamatan Wonomerto Ibu Yunita Nur Laily, S.STP dan terima kasih juga untuk Bapak Supriyanto selaku pengawas sekolah yang memprakarsai kegiatan ini...
semoga tahun depan bisa lebih meriah dari tahun ini...
amin.....

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger