Headlines News :
Home » » 50 Pelaku Usaha Ramaikan Probolinggo Muharram Festival

50 Pelaku Usaha Ramaikan Probolinggo Muharram Festival

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 13/10/2016

KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-71, memeriahkan Tahun Baru Islam 1438 H dan menyambut Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2016, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo menggelar Pesta Rakyat Probolinggo Muharram Festival 2016 di GOR Sasana Krida Kota Kraksaan, Kamis hingga Sabtu (13-15/10/2016).

Pesta Rakyat Probolinggo Muharram Festival 2016 ini menampilkan produk unggulan UKM, makanan dan minuman khas Probolinggo, produk furniture dan handycraft, produk asesoris dan perhiasan wanita, produk otomotif, produk garmen/konveksi dan produk batik.

Selain Kabupaten Probolinggo, 50 peserta dari pelaku UKM, Gerakan Koperasi dan pelaku usaha swasta ini berasal dari Kota Probolinggo, Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Lumajang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Asy’ari dan dihadiri oleh Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Ahmad Basuki, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Santiyono, Kepala Disperindag M. Sidik Widjanarko dan Kepala Disbudpar Anung Widiarto serta para pelaku UMKM dan anggota gerakan koperasi Kabupaten Probolinggo.

Pembukaan Pesta Rakyat Probolinggo Muharram Festival 2016 ini ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati dan dilanjutkan peninjauan kepada 40 stand yang ada di dalam GOR Sasana Krida Kraksaan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM, pondok pesantren dan swasta dengan harapan dapat memberikan informasi dan alternatif pilihan kepada masyarakat untuk memilih produk-produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.

“Keikutsertaan para pelaku usaha swasta diharapkan dapat memotivasi para UKM dan koperasi agar dapat lebih mandiri dan memiliki daya saing yang tinggi serta untuk menarik animo masyarakat untuk mengunjungi Probolinggo Muharram Festival 2016,” katanya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Asy’ari menyampaikan bahwa sebagai daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sudah sewajarnya merayakan Tahun Baru Islam 1438 H. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar tahun baru Islam bisa dirayakan dan lebih ditingkatkan lagi di tahun yang akan datang. “Setidaknya bisa menjadi bahan introspeksi dengan harapan ke depan lebih baik lagi,” katanya.

Terkait peringatan Hari Santri Nasional, Asy’ari menjelaskan bahwa sebagai generasi muda bangsa santri adalah aset bangsa. Oleh karena itu harus senantiasa dijaga agar santri selamat dan tidak terganggu oleh hal-hal negatif, termasuk narkoba. “Ini bentuk apresiasi kepada para santri yang telah mampu bersama-sama membantu pembangunan, khususnya di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Probolinggo Muharram Festival 2016 ini dimeriahkan dengan hiburan live musik, lomba mewarnai bagi anak usia dini, lomba penataan stand, bazar PKL dan kuliner serta pesta kembang api. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger