Headlines News :
Home » » 25 Kader Taman Posyandu Magang di Kelurahan Semampir

25 Kader Taman Posyandu Magang di Kelurahan Semampir

Reporter : Wawan Bromo FM
Kamis, 06/10/2016 

KRAKSAAN - Taman Posyandu merupakan layanan posyandu yang terintegrasi dengan pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB), sehingga balita akan mendapatkan layanan secara menyeluruh, baik kesehatan, stimulan pendidikan dan pengasuhan oleh orang tuanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Sri Patmiati dalam kegiatan magang kader taman posyandu di Taman Posyandu Mutiara Bunda Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Rabu (5/10/2016).

“Program taman posyandu ini merupakan bentuk dari jenis PAUD holistik integratif. Yakni, PAUD yang tidak hanya memberikan pendidikan tetapi juga pemenuhan gizi, kesehatan, perawatan, pengasuhan, kesejahteraan dan perlindungan,” katanya.

Menurut Sri Patmiati, kegiatan ini bertujuan mendapatkan pembelajaran tentang pelaksanaan kegiatan taman posyandu secara langsung sehingga bisa diterapkan di wilayahnya. “Kader taman posyandu bisa saling tukar pengalaman,” jelasnya.

Sri Patmiati menambah, pada tahun 2015 sudah dibentuk 215 taman posyandu yang tersebar di 167 desa (77,67%). Hasil dari pendampingan taman posyandu yang sudah dilaksanakan kader sebanyak 62 orang dengan panduan penilaian provinsi yang dinyatakan sudah optimal sebesar 92 taman posyandu (42,79%).

“Walaupun sudah ada peningkatan dibanding tahun lalu, namun masih di bawah target provinsi adalah 45% dari posyandu purnama. Maka dari itu perlu peningkatan kualitas dan kuantitas taman posyandu,” jelasnya.

Sementara Lurah Semampir Yudi Hartanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinkes Kabupaten Probolinggo dengan melakukan magang kader taman posyandu di Kelurahan Semampir.

“Alhamdulillah, Taman Posyandu Mutiara Bunda sudah maksimal mulai dari Posyandu PAUD hingga Bina Keluarga Balitanya. Semoga kegiatan ini bisa menyempurnakan kekurangan yang dimiliki di masing-masing taman posyandunya,” katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang kader taman posyandu yang belum optimal yang berasal dari Kecamatan Besuk, Krejengan, Pajarakan dan Kraksaan. Serta 20 orang kader dari Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger