Headlines News :
Home » » 10.050 Siswa Akan Terima Dana BKSM

10.050 Siswa Akan Terima Dana BKSM

Reporter : Wawan Bromo FM
Rabu, 05/10/2016
KRAKSAAN – Dalam waktu dekat, sebanyak 10.050 siswa SMA/SMK/MA yang berasal dari keluarga tidak mampu di Kabupaten Probolinggo akan menerima dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM). Total dana yang sediakan mencapai Rp 7.839.000.000, berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur dan APBD Kabupaten Probolinggo.

“Jadi setiap siswa akan menerima bantuan dana BKSM sebesar Rp 65 ribu setiap bulan atau Rp 780 ribu untuk satu tahun anggaran,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo.

Menurut Tutug, BKSM ini adalah dana bantuan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam mengakses pendidikan di jenjang SMA/SMK/MA yang disalurkan kepada siswa melalui lembaga untuk biaya langsung maupun tidak langsung.

“Siswa miskin di sini adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki KPS dan atau surat keterangan tidak mampu atau sejenisnya dari desa/kelurahan,” jelasnya.

Pemberian dana BKSM ini bertujuan menampung lulusan SMP/MTs/SMPLB atau yang sederajat agar melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Juga untuk mencegah siswa jenjang SLTA putus sekolah serta membantu siswa miskin untuk memperoleh kebutuhan personal dalam kegiatan memperoleh layanan pendidikan. “Di samping meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA/SMK dan kualitas pembelajaran,” terangnya.

Tutug menambahkan, dana BKSM ini diberikan kepada siswa kelas 10,11 dan 12 semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Alokasi untuk siswa kelas 12 tahun pelajaran 2015/2016 yang sudah tamat dapat digantikan oleh peserta didik kelas 10 tahun pelajaran 2016/2017 atau siswa yang belum menerima BKSM karena alas an tertentu dapat diusulkan sepanjang memenuhi persyaratan yang ditentukan.

“Penggunaan dana BKSM ini untuk membantu kebutuhan pribadi peserta didik untuk pembiayaan meliputi iuran sekolah, buku dan alat tulis, seragam, transportasi, kursus dan uang saku,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger