Headlines News :
Home » , , » Surat Domisili Santri Dimas Kanjeng Tidak Sah

Surat Domisili Santri Dimas Kanjeng Tidak Sah

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 26/09/2016

GADING - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan pendataan identitas santri yang tinggal di tenda-tenda padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi, Senin (26/9/2016). Hasilnya, banyak surat domisili yang dimiliki para santri dinyatakan tidak sah oleh Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Probolinggo.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas pencatatan sipil masuk ke tenda-tenda santri didampingi anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Mereka memeriksa kartu identitas santri, seperti KTP dan surat domisili sementara.

Saat pendataan para santri menunjukkan surat domisili sementara yang dikeluarkan pihak Desa Wangkal Kecamatan Gading, dimana padepokan berdiri. Namun menurut Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Erlin Setiawati, surat domisili itu tidak sah. “Seharusnya melampirkan surat keterangan pindah sementara dari daerah asal,” katanya.

Erlin Setiawati mengatakan, sebelum surat domisili itu dikeluarkan oleh pihak desa, pihak pemohon surat domisili harus menyertakan surat keterangan pindah domisili sementara dari dari asal. Dari pemeriksaan, ternyata tidak satu pun santri padepokan sebagai pemohon surat tinggal yang menyertakan surat pengantar dari daerah asal masing-masing.

Karena surat domisili sementara itu tidak sah, petugas pun menyita dan mengamankannya di kantor Dispendukcapil. Jika para santri ingin memperoleh surat domisili yang sah, mereka harus kembali ke daerah asal mereka. kemudian meminta surat pengantar dari pemerintah dimana mereka berasal. “Karena itu kami pun menyita surat domisili sementara tersebut, mereka harus mengurusnya kembali di daerah masing-masing,” ujarnya.

Saat ini diperkirakan masih ada ribuan santri masih tinggal di padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi pasca penangkapan pimpinannya pada Kamis (22/9/2016). Diketahui, para santri yang tinggal di tenda-tenda ini, seluruhnya berasal dari luar Kabupaten Probolinggo. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger