Headlines News :
Home » » Status Gunung Bromo Naik ke Level Siaga

Status Gunung Bromo Naik ke Level Siaga

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 26/09/2016

SUKAPURA - Status Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, dinaikkan dari level waspada menjadi siaga. Peningkatan status dilakukan karena aktifitas tremor menerus Gunung Bromo meningkat signifikan hingga 22 milimeter dan kawah menyemburkan material vulkanik pekat berketinggian 600 meter. Radius aman bagi warga dan pengunjung juga diperluas dari sebelumnya 1 kilometer menjadi 2,5 kilometer dari bibir kawah.

Status Gunung Bromo di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura dinaikan statusnya terhitung terhitung sejak tanggal 26 September 2016 pukul 06.00 WIB. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVBMG) menaikkan status setelah selama 24 jam terakhir tremor menerus gunung eksotik itu meningkat signifikan dari kisaran 2 sampai 8 militer sebelumnya meningkat menjadi 22 milimeter dengan dominan 4 milimeter.

Peningkatan status juga membuat petugas merekomendasikan warga dan pengunjung menjauh dari bibir kawah Bromo dengan radius 2,5 kilometer atau lebih luas dari himbauan aman sebelumnya yang hanya sejauh 1 kilometer.

Dari kawah gunung Bromo, semburan asap putih cenderung pekat terus membubung dengan ketinggian mencapai 600 meter. Material vuklanik mengandung belerang, abu dan silica itu membubung ke arah barat atau wilayah Kabupaten Malang.

“Untuk gunung Bromo statusnya kami naikkan dari waspada menjadi siaga sejak 26 September pukul 06.00 karena terjadi peningkatan pada visual dan seismiknya gempanya mengalami peningkatan,” ujar Ahmad Subhan, Kepala PVMBG Pos Pantau Bromo.

Perubahan status ini memungkinkan Gunung Bromo kembali erupsi seperti enam tahun silam. Tidak hanya area wisata alam di sekitar lautan pasir, pemukiman dan lahan pertanian warga Suku Tengger terancam tertutupi material vulkanik muntahan kawah Bromo. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger